Viral! Dokter Thailand Alami Halusinasi Parah Gegara Keseringan Main TikTok dan Reel

Kamis, 09 November 2023 - 11:47 WIB
loading...
A A A


Sebuah teori menyatakan bahwa paparan jangka panjang terhadap platform ini menyebabkan lonjakan dopamin, yang dapat menyebabkan halusinasi. Meskipun pengguna umum tidak mungkin terpengaruh, mereka yang memiliki masalah kesehatan mental dapat dengan mudah menunjukkan gejalanya.

Menurut laporan Sanook, teori lain juga menunjukkan banyaknya konten video aneh dan menakutkan yang ada di media sosial dapat menimbulkan pengalaman halusinasi.

Algoritme platform media sosial ini, yang dirancang untuk memberi pengguna konten serupa dengan apa yang mereka tonton, dapat menciptakan realitas alternatif bagi mereka yang suka menonton konten aneh atau menakutkan.

Di sisi lain, individu dengan gangguan kesehatan mental mungkin menggunakan platform ini karena mereka mungkin ragu untuk bersosialisasi di dunia nyata. Karena itu, Dr Surat menyarankan agar ada pembatasan pengunaan media sosial pada kalangan anak-anak kecil, anggota keluarga lanjut usia, atau siapa saja yang mungkin bingung membedakan media sosial dengan kenyataan atau mulai berhalusinasi setelah melihat konten.

Jika menemukan orang-orang terdekat yang mengalami gejala-gejala halusinasi seperti di atas, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan psikiater.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)