Angkat Beban Bisa Sebabkan Turun Berok? Berkaca Kasus Atta Halilintar

Kamis, 09 November 2023 - 17:37 WIB
loading...
Angkat Beban Bisa Sebabkan Turun Berok? Berkaca Kasus Atta Halilintar
YouTuber Atta Halilintar dilarikan ke rumah sakit akibat hernia usai mengangkat beban saat nge-gym. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - YouTuber Atta Halilintar dilarikan ke rumah sakit karena karena mengidap hernia , baru-baru ini. Musibah suami Aurel Hermansyah itu terjadi setelah berolahraga dan mengangkat beban saat nge-gym.

Karena hal tersebut, kakak kandung Thariq Halilintar ini dilarikan ke rumah sakit akibat nyeri yang tak tertahankan.



Lantas, benarkah angkat beban saat nge gym bisa sebabkan hernia? Namun sebelum itu, influencer sekaligus dokter, dr Nadia Alaydrus menjelaskan hernia atau yang dikenal dengan turun berok merupakan kondisi ketika organ menonjol melalui dinding otot atau jaringan otot di sekitarnya.

"Jadi bagian organ itu muncul melalui area otot atau jaringan otot yang melemah sehingga muncul tonjolan atau benjolan. Biasanya muncul di area perut antara dada dan pinggul, tapi sering juga timbul di area paha atau pangkal paha bagian atas," kata dr Nadia dikutip dari akun TikTok @nadialaydrus, Kamis (9/11/2023).

Dokter Nadia menjelaskan ada banyak penyebab seseorang mengalami hernia , dan salah satunya karena mengangkat beban berat.

"Bisa juga karena tambahan usia, pernah mengalami operasi perut, obesitas, batuk kronis, dan sembelit," jelasnya.

Biasanya, ujar dr Nadia, ketika seseorang mengalami kondisi seperti ini harus segera dibawa ke rumah sakit, Apalagi bila benjolan tersebut hilang dan timbul, serta adanya rasa nyeri mendadak dan terasa parah.



"Terus juga kalau benjolan hernia berubah warna dari ungu jadi hitam terus mengalami sulit buang air besar atau buang angin, mual muntah hebat atau demam," ujar dia.

Bila kondisi pasien sudah sangat akut, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan tindakan pembedahan atau operasi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)