Kemenkes Beri Penghargaan Landson, Dukung Gerakan Change Source

Kamis, 09 November 2023 - 16:44 WIB
loading...
Kemenkes Beri Penghargaan Landson, Dukung Gerakan Change Source
Pameran Hari Kesehatan Nasional ke-59 bertema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju pada 9-11 November 2023. Kemenkes pun memberi penghargaan. Foto/ist
A A A
JAKARTA- Pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 digelar dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju pada 9-11 November 2023.

Acara ini dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023).

Serangkaian acara pembukaan Pameran HKN 2023 ini antara lain peluncuran tanaman obat unggulan, dan Perpres tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu. Selain itu, di tengah kesempatan ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh serta pelaku industri di bidang farmasi dan alat kesehatan.

Di antara para pelaku industri farmasi tersebut, PT Pertiwi Agung (Landson) merupakan salah satu perusahaan farmasi yang mendapatkan penghargaan karena telah melaksanakan change source dengan menggunakan bahan baku produksi dalam negeri.

Direktur Utama PT Pertiwi Agung Fera Damayanti mengatakan bahwa sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan kemandirian sediaan farmasi dalam negeri, Landson telah memanfaatkan fasilitas change source, yaitu pergantian sumber bahan baku impor dengan bahan baku produksi dalam negeri.

“Kami sangat mendukung gerakan change source ini karena sangat bermanfaat dalam jangka panjang serta memiliki dampak positif bagi pelayanan kesehatan dan masyarakat, “tambah Fera.

Change Source yang diluncurkan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin pada 2 Juni 2022 merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah guna mendorong pelaku industri farmasi agar mengganti bahan baku impor dengan bahan baku obat produksi dalam negeri. Melalui program ini, pemerintah menargetkan peningkatan jumlah produk obat dengan TKDN >52% sebagai prioritas dalam pengadaan khususnya untuk pengadaan barang/jasa pemerintah.

Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan melalui 6 (enam) pilar transformasi kesehatan Indonesia, salah satunya pilar ketiga yakni Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan. Dengan tetap memperhatikan pemenuhan syarat produk yang aman, bermutu, dan berkhasiat, Gerakan Change Source yang sudah berjalan lebih dari satu tahun ini diharapkan bisa menjadi milestone dalam mewujudkan ketahanan sektor kefarmasian di tanah air.

Gerakan ini sejalan dengan amanat Inpres Nomor 2 Tahun 2022, tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Gerakan Nasional BBI sendiri diharapkan dapat mendorong semangat pertumbuhan ekonomi Indonesia, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)