3 Manfaat Makan Rebung, Bambu Muda yang Sangat Bergizi

Minggu, 12 November 2023 - 08:03 WIB
loading...
3 Manfaat Makan Rebung, Bambu Muda yang Sangat Bergizi
Rebung tidak hanya sekadar menjadi bahan makanan saja, juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Foto/ Getty.
A A A
JAKARTA - Rebung merupakan tunas atau bambu muda yang tidak hanya sekadar menjadi bahan makanan saja, juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Diketahui, rebung sering dinikmati dengan cara direbus atau dikalengkan dan memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang lembut. Rebung juga sering dibuat sayur dengan rasa gurih yang menggugah selera.

Adapun manfaat kesehatan rebung, yakni mengandung banyak serat, tembaga, serta vitamin B6 dan E dalam setiap porsinya. Dikutip Healthline pada Minggu (12/11/2023), berikut manfaat rebung.


Manfaat Rebung

1. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat yang diekstraksi dari sayuran ini memiliki khasiat penurun kolesterol yang kuat.

2. Menurunkan berat badan

Rebung rendah kalori tetapi tinggi serat. Ini menjadikan rebung sebagai tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan yang sehat.

Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

3. Meningkatkan kesehatan usus



Rebung adalah sumber serat yang baik. Serat dapat meningkatkan keteraturan dan bahkan melindungi terhadap masalah seperti wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Menurut penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik, yang berarti menyediakan bahan bakar bagi bakteri menguntungkan di usus Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus Anda mungkin memainkan peran penting dalam kesehatan dan penyakit serta dapat membantu mencegah kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, depresi dan obesitas.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)