4 Manfaat Rutin Konsumsi Jamur, Salah Satunya Turunkan Hipertensi

Senin, 13 November 2023 - 05:50 WIB
loading...
4 Manfaat Rutin Konsumsi Jamur, Salah Satunya Turunkan Hipertensi
Jamur tidak hanya lezat dalam hidangan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Jamur tidak hanya lezat dalam hidangan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Menambahkan jamur pada menu makanan bisa membantu memenuhi gizi serta memudahkan Anda untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan oleh jamur. Berikut adalah beberapa manfaat makan jamur, dikutip dari laman Clevelandclinic, Senin (13/11/2023).

1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Peradangan kronis (pembengkakan jangka panjang) dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker, dan kondisi medis lain. Jamur mengandung antioksidan tertentu yang membantu melindungi tubuh dari stres dan mencegah atau memperlambat kerusakan sel.



Jamur juga mengaktifkan zat dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk melindungi Anda dari infeksi dan penyakit, termasuk pertumbuhan sel tumor. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jamur dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Jamur kaya akan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Jamur juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Dukung Penurunan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya jamur dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan aman bila dikombinasikan dengan olahraga dan kebiasaan gaya hidup sehat. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengganti 20% konsumsi dagingnya dengan jamur menunjukkan hasil penurunan berat badan yang lebih baik.

Bahasa Juga: Ini Bahayanya Kalau Tidur Kurang dari 7 Jam Tiap Hari, Serang Fisik dan Mental

Rasa jamur juga dapat mengurangi kebutuhan Anda akan garam tambahan, sehingga membantu mengontrol tekanan darah. Para peneliti menemukan bahwa mengganti separuh daging dengan jamur dalam resep daging giling dapat mempertahankan rasanya tetapi mengurangi asupan natrium sebesar 25%.

4. Melindungi Kesehatan Otak

Nilai gizi jamur dapat membantu melindungi otak dari gangguan kognitif ringan.

Sebuah penelitian menunjukkan jamur yang kaya polifenol dan antioksidan tertentu dapat membantu melindungi kita terhadap penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)