Penyandang Diabetes Indonesia Duduki Posisi 4 Terbanyak di Dunia, Ini Pencegahannya!

Minggu, 12 November 2023 - 22:48 WIB
loading...
Penyandang Diabetes Indonesia Duduki Posisi 4 Terbanyak di Dunia, Ini Pencegahannya!
Makanan tinggi gula dan lemak cenderung tinggi kalori yang dapat menyebabkan diabetes. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Indonesia saat ini menduduki peringkat empat dengan penyandang diabetes terbanyak di dunia. Fakta ini disampaikan oleh dr. Farid Kurniawan dari Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM-FKUI.

“Diperkirakan saat ini di seluruh dunia, lebih dari 500 juta orang berusia 20-79 tahun menderita diabetes. Angka ini diprediksi akan terus naik hingga mencapai hampir 650 juta di tahun 2030,” ungkap dr. Farid melalui kampanye #Hands4Diabetes2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (12/11/2023).

“Indonesia sendiri menempati peringkat keempat jumlah penyandang diabetes terbanyak di dunia. Ironisnya, sebagian besar penyandang diabetes tersebut tidak terdiagnosis,” tambahnya.



Dokter Farid menjelaskan, sekitar 90% merupakan kasus diabetes tipe 2. Biasanya penyakit ini terjadi akibat gaya hidup tidak sehat, baik karena kurangnya aktivitas fisik ataupun pola makan tidak sehat.

Lalu, bagaimana agar terhindar dari penyakit diabetes? Simak rangkuman informasi berikut ini.

Hindari Makanan Tinggi Gula dan Lemak

Makanan tinggi gula dan lemak cenderung tinggi kalori yang dapat menyebabkan diabetes. Untuk itu, penting sekali mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam tubuh.

“Cara terbaik untuk mencegah dan melawan diabetes, salah satunya dengan membatasi asupan gula, garam, dan lemak sebagai bagian dari pola makan sehat, aktif bergerak seperti senam bersama yang kita lakukan hari ini,” kata Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim.

Olahraga

Selain menjaga asupan gula dan lemak, sangat penting untuk menurunkan kalori dalam tubuh dengsn cara berolahraga dan memperbanyak aktivitas fisik.


Mengolah Masakan yang Akan Dimakan Sendiri

Dengan memasak sendiri kita bisa secara langsung memilih sumber makanan dengan kandungan nutrisi yang lebih baik karena faktanya memasak makanan sendiri mampu menurunkan risiko diabetes hingga 13% lebih rendah.

Lakukan Kontrol Gula Darah

Bagi masyarakat yang sudah terdiagnosa diabetes, diperlukan upaya lebih dalam mengontrol kadar gula darah untuk mencegah adanya komplikasi yang dapat memperparah kondisi penderita.

“Penting bagi diabetesi untuk bisa mengelola kondisi masing-masing secara mandiri, sehingga tentunya mereka harus memiliki pengetahuan luas, semangat, dan konsistensi untuk mengontrol kadar gula darah,” kata dr. Farid.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)