Apakah Ibu Hamil yang Banyak Makan Manis Bisa Sebabkan Bayinya Terkena Diabetes?

Selasa, 14 November 2023 - 15:00 WIB
loading...
Apakah Ibu Hamil yang Banyak Makan Manis Bisa Sebabkan Bayinya Terkena Diabetes?
Ketika ibu hamil mengonsumsi makanan manis berlebihan, tidak dapat dipungkiri jika dirinya akan terkena risiko diabetes. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Ibu hamil harus menjaga asupan makanannya. Sebab, makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil menjadi asupan untuk bayi dalam kandungannya. Ketika ibu hamil mengonsumsi makanan manis berlebihan, tidak dapat dipungkiri jika dirinya akan terkena risiko diabetes. Namun, apakah penyakit tersebut juga akan dialami oleh bayinya?

Project Lead Changing Diabetes in Children (CDiC) dan Direktur Eksekutif International Pediatrics Association Aman Bhakti menegaskan, diabetes tipe 1 tidak berkaitan dengan kehamilan.

"Untuk tipe 1 tidak terkait dengan hamil," ujar Aman Bhakti dalam media briefing bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia beberapa waktu lalu.



Walaupun demikian, masih ada kemungkinan bayi dalam kandungan akan terkena diabetes tipe 2. Sebab, apa yang dimakan oleh seorang ibu akan mempengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungannya.

"Tapi terkait dengan tipe 2. Jadi kesehatan bayi itu tergantung kejadian apa sejak dalam kandungan,” tutur Aman Bhakti.

Untuk itu, ibu hamil harus mengonsumsi asupan makanan yang tepat agar janin dalam kandungannya pun dapat tumbuh sebagaimana mestinya.

“Bayi ini sebaiknya tidak lahir kekurangan berat badan (2,5 kg) dan tinggi badan (4,8 cm),” ujar Aman Bhakti.

Selain itu, terlalu banyak makan manis hingga menyebabkan gula darah meningkat selama kehamilan bisa menyebabkan kelahiran secara sesar serta meningkatkan risiko bayi dilahirkan terlalu besar dan mengalami obesitas atau diabetes tipe 2 di masa depan.



“Bayi yang lahir tidak lebih dari 4 kg untuk berat badannya. Harus dikontrol pertumbuhannya,” tandas Aman Bhakti.

Melalui kesempatan ini Aman Bhakti juga mengingatkan agar orang tua tidak langsung memberikan asupan makanan dan minuman yang tinggi kalori pada bayi. Sebab, itu bisa membuat anak terkena diabetes.

Namun, tentu ketika anak merasa berat badannya kurang dan tinggi tidak bertambah, orang tua pasti khawatir si anak terkena stunting. Untuk itu, alangkah baik untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Walaupun orang tua yang makan manis berlebihan tidak membuat anak langsung terkena diabetes, namun mengonsumsi gula saat hamil tetap perlu dijaga. Sebab, mengonsumsi makanan manis berlebih saat hamil meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir, meninggal, atau kelahiran prematur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)