Cegah Gula Darah Naik, Ini Cara Masak Asyik buat Penderita Diabetes

Selasa, 14 November 2023 - 12:50 WIB
loading...
Cegah Gula Darah Naik, Ini Cara Masak Asyik buat Penderita Diabetes
Penderita diabetes harus menghindari makanan yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cara memasak yang tepat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes mau tidak mau harus mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi mereka memang harus lebih disiplin dalam mengonsumsi makanan.

Bahkan proses pengolahan atau memasaknya juga perlu dicermati. Proses masak yang salah justru bisa berdampak fatal. Bisa saja cara memasak yang dilakukan justru membuat kadar gula dalam darah naik.

Ahmet Ergin, CEO SugarMD lewat kanal YouTube miliknya yang disitat pada Selasa (14/11/2023) mengatakan, saat ini banyak orang mengira memasak buat penderita diabetes sangat merepotkan. Sebaliknya, justru memasak buat penderita diabetes sangat mudah dilakukan.

"Banyak panduan yang tersedia di dunia maya. Penderita diabetes dan keluarganya tinggal memilih mana yang lebih mudah buat mereka," ujar Ahmet Ergin.



Situs John Hopkins University juga mengatakan hal yang sama. Menderita diabetes bukan berarti mereka tidak bisa berbelanja masakan seperti biasa. Mereka tetap bisa melakukannya seperti orang normal pada umumnya.

"Namun pilihannya lebih diutamakan pada bahan-bahan masakan yang menyehatkan. Membandingkan bahan makanan dan labelnya adalah hal yang perlu diutamakan," sebut situs John Hopkins University.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan menurut John Hopkins University dalam memasak bagi penderita diabetes.

1. Pilih dan Bandingan Bahan Masakan


Saat Anda beberlanja bahan masakan, pastikan memilih bahan makanan terbaik dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Ada harus memilih bahan makanan yang memenuhi ketentuan di bawah ini:

- Tidak ada gula tambahan atau bebas gula.
- Bebas gula berarti kadar gulanya 1/2 gram per bahan makanan.
- Bebas lemak, berarti kurang dari 1/2 gram lemak per porsi.
- Rendah lemak, berarti 3 gram lemak atau kurang per porsi.
- Pengurangan lemak atau kurang lemak yang berarti 25 persen sedikit lemak dibandingkan versi biasa.

2. Cara Memasak

Setelah memilih bahan makanan yang tepat, cara memasak yang benar tak kalah penting untuk penderita diabetes.

Sedapat mungkin hindarilah menggoreng dan beralih ke pilihan cara memasak yang lain. Cara memasak yang dianjurkan, yakni:

- Panggang

Cara memasak dengan dipanggang akan membuat makanan matang secara merata dan mengandung sangat sedikit lemak.


- Kukus

Dengan cara mengukus, Anda mematangkan bahan makanan dengan uap air. Cara ini akan membuat gizi dalam makanan tidak hilang dalam proses masak.

- Rebus

Cara mengolah makanan yang baik untuk penderita diabetes juga bisa dengan merebus. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan durasi waktunya. Bila direbus dengan tepat, kandungan gizi akan tetap bertahan.

- Tumis

Tumis dapat dilakukan dengan menggunakan minyak sedikit. Satu hal yang perlu diingat adalah, jangan menumis makanan terlalu lama agar lemak tak jenuh tidak berubah menjadi lemak jenuh.

3. Pilih Bumbu dengan Seksama

Perhatikan pula bumbu yang digunakan. Garam dan gula yang tinggi wajib dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dilakukan agar tekanan darah tidak otomatis meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)