Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi? Begini Penjelasannya

Rabu, 15 November 2023 - 14:20 WIB
loading...
Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi? Begini Penjelasannya
Alpukat mengandung asam oleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah alpukat bisa menurunkan kolesterol dan darah tinggi ? Ini kerap menjadi pertanyaan banyak orang.

Buah alpukat kaya akan nutrisi. Selain lezat dan teksturnya yang lembut, alpukat juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Kandungan nutrisi yang ada dalam alpukat juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Benarkah demikian?

Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi?


Alpukat kaya akan nutrisi penting, seperti lemak sehat, serat, kalium, dan antioksidan. Dalam sebuah alpukat rata-rata mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung.



Selain itu, alpukat juga mengandung asam oleat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Di sisi lain, alpukat juga mengandung serat, vitamin E, dan potasium. Hal itu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Serat dalam alpukat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan dan memperlambat pencernaan. Ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Kemudian kandungan serat alpukat tidak hanya bermanfaat untuk kolesterol tetapi juga membantu mengatur gula darah. Hal tersebut dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan mencegah peningkatan tekanan darah.

Alpukat juga mengandung antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan vitamin E. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)