5 Air Terjun Sekitar Danau Toba, Spot yang Ganjar Sebut Destinasi Wisata Dunia

Rabu, 15 November 2023 - 16:50 WIB
loading...
5 Air Terjun Sekitar Danau Toba, Spot yang Ganjar Sebut Destinasi Wisata Dunia
Danau Toba termasuk dalam daftar 10 destinasi wisata terbaik di seluruh dunia. Foto/iStock
A A A
MEDAN - Calon Presiden Ganjar Pranowo menegaskan niatnya untuk mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia. Ia mengakui keindahan alamnya dan melihat peluang besar untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai tujuan wisata istimewa.

Guna mencapai tujuan ini, Ganjar berencana melibatkan penduduk lokal dalam pemahaman dan pengelolaan potensi pariwisata.

"Danau Toba dan area ini cantik sekali. Saya kira bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia," ucap Ganjar saat bertemu dengan tokoh masyarakat di Pelabuhan Muara di Hutana Godang, Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (12/11/2023).

Ganjar menekankan bahwa keterlibatan masyarakat harus mencakup seluruh proses, dari perencanaan produk hingga pembangunan infrastruktur pariwisata. Selain itu, perlu memastikan keberlanjutan ekosistem dan pelestarian warisan budaya.


Air Terjun Sekitar Danau Toba

Danau Toba yang merupakan keindahan alam menakjubkan, termasuk dalam daftar 10 destinasi wisata terbaik di seluruh dunia. Danau alami ini terbentuk karena letusan gunung berapi super sekitar 77.000 tahun yang lalu. Luasnya lebih dari 1.145 kilometer persegi, sementara kedalamannya mencapai 508 meter.

Selain itu, sekitar Danau Toba juga terkenal dengan banyak air terjun yang sangat indah. Provinsi Sumatera Utara bahkan dikenal sebagai 'Negeri Sejuta Air Terjun'.

Ada beberapa air terjun di sekitar Danau Toba yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata dengan pemandangan yang indah.

Berikut adalah daftar lima air terjun menarik di sekitar Danau Toba dengan pemandangan yang luar biasa.

1. Air Terjun Nai Sogop

5 Air Terjun Sekitar Danau Toba, Spot yang Ganjar Sebut Destinasi Wisata Dunia

Foto/Instagram @rzklnaa

Air terjun ini adalah tujuan wisata yang bisa Anda datangi setelah menjelajahi Danau Toba. Meskipun jaraknya sekitar 500 meter dari tempat parkir dan memerlukan sedikit perjalanan berjalan kaki yang mungkin membuat lelah, pemandangan di ujung perjalanan akan memberikan kepuasan yang besar.

2. Air Terjun Janji

5 Air Terjun Sekitar Danau Toba, Spot yang Ganjar Sebut Destinasi Wisata Dunia

Foto/Instagram @eberielh_18

Menurut cerita kepercayaan setempat, Air Terjun Janji adalah tempat di mana para raja Batak dulu membuat kesepakatan untuk tidak berperang satu sama lain. Diceritakan, ada seorang raja yang menancapkan tombaknya di tempat ini, dan ketika tombak itu ditarik keluar, air mulai mengalir tanpa henti, membentuk air terjun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)