6 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya

Kamis, 16 November 2023 - 17:20 WIB
loading...
6 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya
Gigi sensitif atau dentin hipersensitivitas adalah kondisi gigi merasakan ketidaknyamanan atau nyeri saat terpapar pada rangsangan tertentu. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
SURABAYA - Gigi sensitif atau dentin hipersensitivitas adalah kondisi gigi merasakan ketidaknyamanan atau nyeri saat terpapar pada rangsangan tertentu, seperti makanan atau minuman panas, dingin, manis, asam, atau bahkan saat menyikat gigi.

Penyebab gigi sensitif ketika lapisan luar gigi yang disebut enamel melunak atau aus, sehingga mengakibatkan paparan lapisan gigi yang lebih sensitif yang disebut dentin.

Dentin memiliki tubuli mikroskopis yang menghubungkan permukaan gigi dengan saraf di dalam gigi, sehingga rangsangan dapat mencapai saraf gigi dan menyebabkan nyeri.



Menurut dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UM Surabaya Aryo Sutowijoyo, penyebab gigi sensitif bisa beragam. Namun, secara umum ada enam penyebab dan cara mengatasinya.

Pertama, erosi email gigi.

Penyebab erosi email gigi terjadi ketika lapisan pelindung gigi yang disebut email gigi aus atau rusak akibat konsumsi makanan dan minuman asam, penggunaan sikat gigi yang keras, atau regurgitasi asam (misalnya, pada kasus bulimia).

“Cara mengatasinya, seseorang bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang mengandung fluoride. Hindari makanan dan minuman asam, sikat gigi dengan lembut, dan hindari menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan asam,” ujar Aryo, belum lama ini.

Kedua, pemisahan gusi.

Penyebab penyakit gusi atau penyusutan gusi bisa menyebabkan akar gigi terbuka, sehingga gigi lebih sensitif. Hal ini dapat diatasi dengan mengunjungi dokter gigi untuk perawatan gusi dan rutin membersihkan gigi untuk mencegah penyakit gusi.

Ketiga, gigi retak atau rusak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3186 seconds (0.1#10.140)
pixels