Profil Willy Dozan, Ayah Leon Dozan yang Dikenal sebagai Aktor Laga Legendaris

Jum'at, 17 November 2023 - 20:55 WIB
loading...
Profil Willy Dozan, Ayah Leon Dozan yang Dikenal sebagai Aktor Laga Legendaris
Willy Dozan sedang hangat diperbincangkan publik menyusul kasus yang menimpa sang anak, Leon Dozan. Foto/Instagram Willy Dozan
A A A
JAKARTA - Willy Dozan sedang hangat diperbincangkan publik menyusul kasus yang menimpa sang anak, Leon Dozan. Seperti diketahui, Leon kini tersandung kasus penganiayaan terhadap sang kekasih, Rinoa Aurora Senduk.

Profil Willy Dozan seakan tak bisa dilepaskan dari kasus tersebut. Bukan cuma karena Leon adalah putranya, tapi juga andil Willy dalam menfasilitasi sang anak untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Rinoa dan juga institusi Polri yang diduga telah dinistakan olehnya. Willy bahkan ikut meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh Leon.



Terlepas dari kasus Leon, Willy Dozan sejatinya merupakan aktor laga Indonesia yang cukup legendaris. Sepak terjang Willy Dozan di dunia perfilman bisa dilihat dari berbagai judul film dan sinetron yang pernah dibintanginya.

Willy Dozan yang memiliki darah Tionghoa, lahir di Magelang pada 10 Februari 1957 dengan nama asli Billy Chong alias Zhuang Chen Li. Meski berdarah Tionghoa, Willy merupakan penganut agama Islam.

Willy Dozan diketahui pernah menimba ilmu di Kahana’s Stunt School California, Amerika Serikat. Pada tahun 1990, Willy menikah dengan penyanyi Betharia Sonata, namun bercerai pada Agustus 2002. Dari pernikahan itu, Willy dikaruniai dua orang anak yaitu Leon Dozan dan Nabila Rahman.

Pada Mei 2004, Willy Dozan memutuskan untuk menikah kembali dengan Tini Kartini. Namun sayang, pernikahan itu tidak berlangsung lama. Tiga bulan sejak menikah, pasangan ini pun mantap untuk berpisah.



Kemudian pada 2007, Willy kembali menikah. Ia memilih Chika Revieta sebagai istrinya. Pada saat itu istri Willy masih sangat muda, berusia 21 tahun. Sayang, pernikahan itu juga harus kandas sebelum genap satu tahun.

Terakhir pada 2010, Willy Dozan meminang Rumiyati Ningsih, seorang perempuan kelahiran 1984. Hingga saat ini kehidupan rumah tangga mereka berjalan harmonis dan tak pernah diterpa kabar miring.

Sementara dari sisi karier, Willy Dozan sempat bermain dalam film laga berkelas internasional. Film-film itu antara lain Crystal Fist, Sun Dragon, Shou Zhi Niu Ciu, Kung Fu Beyond the Grave, dan A Fistful of Talons.

Awal mula Willy Dozan terjun ke kancah film internasional adalah ketika 1977 ia memerankan film berjudul Karate Sabuk Hitam dan Petarungan Kera Sakti di Hongkong. Ternyata seorang sutradara terkesima dengan akting Willy, dan menawarkannya untuk bermain di film Mandarin.

Berkat pengalaman bermain di film Hongkong, Willy Dozan bisa bertemu sekaligus berkenalan dengan aktor laga internasional terkenal yaitu Andy Lau dan Jackie Chan. MG/Stevhani Tobing
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)