Ini Penyebab Perut Gak Buncit meski Makan Banyak

Senin, 20 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
Ini Penyebab Perut Gak Buncit meski Makan Banyak
Sudah makan banyak, tetapi perut tidak buncit. Kondisi ini membuat banyak orang heran. Foto/ gastrosav
A A A
JAKARTA – Sudah makan banyak, tetapi perut tidak menunjukkan kondisi buncit atau bloated . Kondisi ini membuat banyak orang heran. Bahkan, sebagian orang iri melihatnya.

Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan bahwa setiap orang memiliki definisi makan banyak yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya yang dihitung bukanlah porsi makannya, melainkan kalori yang masuk.



“Nah beberapa orang yang gampang banget naik berat badannya, berarti dia itu jumlah asupan kalori hariannya itu surplus. Alias lebih banyak daripada kebutuhan dalam sehari,” kata dr Nadia, dikutip dalam TikTok miliknya @nadialaydrus, Minggu (19/11/2023).

Selain itu, hal yang mungkin mempengaruhi, yakni saat jumlah makanan itu sedikit, tapi kalorinya itu tinggi, bisa didapat dari minyak, gula atau pun santan.

Sedangkan pada sebagian orang lainnya, secara visual kemungkinan makanan yang lebih banyak tersebut memiliki jumlah kalori yang terkandung justru lebih rendah.

Lantas, bagaimana tipsnya supaya bisa menjalani diet yang sehat?

Menurut dr Nadia, kunci utama yang diperlukan adalah kesabaran dan konsisten. Mulai menjalani olahraga, pola makan, dan pola tidur semua itu harus dilakukan dengan rutin dan sabar.



“Jadi yang namanya diet kalian itu nomor satu harus sabar. Karena ini tuh adalah program jangka panjang. Jadi, harus konsisten,” ucapnya.

Selanjutnya adalah motivasi yang kuat. Karena sumbernya berasal dari diri sendiri dan yang terakhir jangan jadikan orang lain sebagai target ke diri kita sendiri. Hal itu lantaran kapasitas tubuh setiap orang memiliki perbedaannya masing-masing.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2901 seconds (0.1#10.140)