Daftar Makanan Pengganti Nasi Putih, Jadi Pilihan Menu Sehat

Senin, 20 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
Daftar Makanan Pengganti Nasi Putih, Jadi Pilihan Menu Sehat
Mengganti nasi dengan makanan yang sehat menjadi pilihan tepat, seperti biji-bijian. Hal ini dapat menambah variasi pada pola makan Anda. Foto/ healthline
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagaian masyarakat Asia, tak terkecuali Indonesia. Namun, nasi putih mungkin tidak sesuai untuk diet setiap orang.

Nah, mengganti nasi dengan makanan yang sehat menjadi pilihan, seperti biji-bijian. Hal ini dapat menambah variasi pada pola makan Anda.

Lalu, makanan apa saja yang bsa pengganti nasi putih? Dikutip dari berbagai sumber pada Senin (19/11/2023), berikut ulasannya.


Makanan Pengganti Nasi Putih

1. Kubis

Kubis merupakan sayuran silangan yang bisa digunakan sebagai alternatif nasi. Biasanya kubis dicacah hingga halus menggunakan food processor atau dengan tangan.

Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat serta kaya akan vitamin dan mineral. Kubis juga kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, serta vitamin C dan E.

2. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang sudah sangat populer. Kentang dapat diolah dalam berbagai cara berbeda seperti merebus, menumbuk, memanggang, atau memanggang.

Kentang mengandung berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti efek antioksidan, efek anti-inflamasi, efek anti kanker, menurunkan kolesterol, dan efek penyeimbangan gula darah.


3. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang dapat dimakan dan telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun.

Orang sering menggunakan quinoa sebagai pengganti nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial, menjadikannya sebagai protein lengkap. Quinoa juga mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang membantu menurunkan gula darah.

4. Beras hitam

Beras hitam mengandung serat tiga kali lipat dari beras putih dan kaya akan nutrisi yang tidak dapat ditandingi oleh nasi putih .

Adapun kandungan akan antioksidan, mengandung tujuh polifenol antosianin berbeda dalam kadar tinggi. Bears hitam sangat rendah gula dan merupakan sumber protein nabati yang baik.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)