Persaingan Bisnis Hotel Makin Ketat di Batam

Kamis, 16 November 2017 - 17:21 WIB
Persaingan Bisnis Hotel Makin Ketat di Batam
Persaingan Bisnis Hotel Makin Ketat di Batam
A A A
JAKARTA - PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME) menyatakan, persaingan industri perhotelan di Batam makin ketat, karena banyak pemain baru yang hadir meramaikan bisnis ini. Direktur Keuangan HOME Ardi Syofyan mengatakan, di saat persaingan makin ketat, situasi perekonomian Indonesia juga sedang melambat.

"Kondisi ekonomi enggak bersahabat, Batam kota industri, beda dengan Bali kota wisata, sumber dari pariwisata," ujarnya di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Menurut Ardi, kondisi industri perhotelan di Batam sempat cemerlang sampai 2010 lalu, namun munculnya hotel-hotel murah merubah keadaan. Kondisi tersebut membuat penurunan kunjungan terhadap beberapa hotel bintang empat.

"Batam 1995-2010 kita alami okupansi cukup baik, sehingga bisa dorong kinerja perusahaan. Dengan mucul hotel baru persaingan makin ketat, harga mulai Rp150 ribu-Rp200 ribu, kita Rp500 ribu, ini yang buat kita kalah bersaing. Kalau bicara hotel backpacker biayanya enggak sebanyak hotel bintang 4 kayak kita," katanya.

Mengantisipasi hal itu, Ardi menyampaikan, perusahaan mengambil pinjaman untuk melakukan renovasi hotel budget atau yang bertarif murah mulai tahun ini. "Ke depan antisipasi hal tersebut sudah lakukan renovasi, terutama dengan adanya RUPSLB, minta persetujuan ambil kredit pinjaman," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3353 seconds (0.1#10.140)