Festival Lahar Polo Pendem di Desa Kandangan Lumajang Galang Gerak Budaya di Kawasan Tapal Kuda

Rabu, 22 November 2023 - 18:06 WIB
loading...
Festival Lahar Polo Pendem di Desa Kandangan Lumajang Galang Gerak Budaya di Kawasan Tapal Kuda
Rangkaian event Galang Gerak Budaya Tapal Kuda hadirkan Festival Lahar Polo Pendem di Lumajang sebagai realisasi Program Pemajuan Kebudayaan Desa Kemendikbud. (Foto: dok Kemendikbud)
A A A
LUMAJANG - Sebagai bagian dari Program Pemajuan Kebudayaan Desa dan rangkaian event Galang Gerak Budaya Tapal Kuda, Desa Kandangan, Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Festival Lahar Polo Pendem. Kegiatan ini diselenggarakan pada 14-15 November 2023 yang terdiri dari kegiatan workshop pengolahan polo pendem sebagai makanan alternatif pengganti beras, pertunjukan seni, pasar jajanan tradisional, dan arak-arakan jolen.

Jolen merupakan akronim dari 'Ojo Kelalen', adalah bentuk gunungan atau tumpeng besar yang diarak oleh warga desa. Kegiatan ini melibatkan peran serta generasi muda dan seluruh masyarakat desa yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, pegiat budaya desa, ibu-ibu PKK, pengusaha, petani, dan warga masyarakat antar desa.

Istilah 'Polo Pendem' diambil dari bahasa jawa yang maknanya adalah tumbuhan yang memiliki buah didalam tanah (terpendam/pendem) atau disebut juga umbi-umbian seperti singkong, ketela rambat, talas, kacang tanah, dan masih banyak jenis lainnya. Tema Polo Pendem ini diambil dengan tujuan agar masyarakat luas mengetahui banyaknya tanaman selain padi yang tumbuh di desa-desa yang ada di wilayah Lumajang sebagai bahan pengganti beras dan makanan olahan yang bernilai ekonomis tinggi.

Tema ini juga ditujukan untuk mengenalkan kepada generasi muda dan pelajar masa kini agar mengetahui tentang keragaman manfaat tanaman yang ada di masing-masing daerah. Festival Lahar Polo Pendem ini adalah salah satu bentuk dari dari komitmen Desa Kandangan dalam hal ketahanan pangan.

Ketahanan pangan merupakan unsur penting untuk memobilisasi segenap pemikiran, ide dan gagasan pemajuan kebudayaan desa untuk menjawab masalah global krisis pangan. Dengan menciptakan sisten pangan lokal yang antisipatif dapat dilakukan dengan mengembangkan keanekaragaman pangan lokal tidak hanya padi tetapi juga pangan alternatif seperti sagu, jagung, singkong, talas, ubi jalar dan lain-lain. Pangan lokal memiliki peran dalam memperkuat daya tahan produksi pangan nasional. Secara alamiah pangan lokal sudah beradaptasi dengan karakteristik sumber daya alam dan sosial budaya Masyarakat di desa.

Mengingat desa merupakan jantung Kebudayaan Indonesia, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memprakarsai program Pemajuan Kebudayaan Desa sejak tahun 2021 hingga saat ini.

Memasuki tahun ketiga, Program Pemajuan kebudayaan Desa difokuskan pada tahap pemanfaatan potensi desa yang erat kaitannya dengan ketahanan pangan. Di wilayah tapal kuda Jawa Timur, fasilitasi diberikan kepada desa-desa yang memiliki komitmen dalam hal ketahanan pangan yaitu Desa Kandangan di Kabupaten Lumajang, Desa Klungkung di Kabupaten Jember, Desa Bugemen di Kabupeten Situbondo, dan Desa Kemiren di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, tahun ini Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan akan memfasilitasi sebanyak 230 desa di seluruh Indonesia untuk melaksanakan penyusunan DPKD (Dokumen Pemajuan Kebudayaan Desa) sebagai acuan bagi desa dalam melaksanakan pembangunan desa yang bersinambungan, khususnya di bidang kebudayaan.

Melalui festival budaya, warga desa tidak sekadar membuat 'tontonan' atau menjadi penyedia jasa bagi wisatawan yang datang, akan tetapi juga menjadi subjek pemilik pengetahuan, adat, dan budaya yang hidup dan berkelanjutan. Desa menjadi daya tarik sosio-kultural dan peluang ekonomi dengan memberdayakan potensi yang dimilikinya sehingga dapat mengangkat nilai sosial dan meningkatkan kesejahteraan bagi warganya.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3263 seconds (0.1#10.140)