Jelang Pemilu 2024, Anak Muda Tidak Boleh Golput dan Asal Pilih Pemimpin

Rabu, 22 November 2023 - 22:40 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Anak Muda Tidak Boleh Golput dan Asal Pilih Pemimpin
Anak muda memegang peran penting dalam Pemilu 2024 lantaran banyak partai politik yang mengincar suara kelompok ini. Data KPU mencatat 52 persen pemilih muda. Foto/Devi Ari Rahmadhani
A A A
JAKARTA - Anak muda memegang peran penting dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 lantaran banyak partai politik yang mengincar suara kelompok ini. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat bahwa 52 persen adalah pemilih muda.

Sehingga penting bagi anak muda untuk tidak golongan putih (golput) dan asal memilih pemimpin. Sayangnya, banyak anak muda Indonesia apatis terhadap politik di Indonesia ini.

Public Affairs Lead Think Policy Lutfi Nugroho mengatakan sikap para anak muda ini merupakan salah satu bentuk ketidak sukaan dan kekecewaan mereka terhadap politik di Indonesia. Hal tersebut tentu tidak boleh dibiarkan.

Sebab, satu suara sangat berharga dalam pemilu kali ini. Seluruh masyarakat Indonesia harus berbondong-bondong memilih pemimpin negara yang memiliki kebijakan untuk memajukan Indonesia.



Perlu diketahui, jika masyarakat tidak menggunakan hak suaranya dengan bijak, maka bisa jadi kepemimpinan Indonesia jatuh di tangan orang yang salah. Sehingga membuat negara ini tidak akan maju.

“Pemilu kali ini sangat penting buat Indonesia karena lompatannya sampai 2030. Di mana tahun itu menjadi puncak dari tahun demografi. Kalau sampai kita meleset, Indonesia akan terjebak menjadi negara middle income forever,” kata Founder OMG Consulting dan Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian di Kemenpora, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Ada dua kesalahan yang harus dihindari oleh pemilih muda saat pemilu 2024 mendatang. Pertama, golput. Di mana seseorang tidak memilih atau memberikan hak suara untuk siapapun yang dicalonkan sebagai pemimpin.

Sementara kelompok kedua yakni pemilih muda yang memilih Presiden, Wakil Presiden, dan anggota legislatif tanpa mengenal mereka dengan benar. Baik itu dalam rekam jejaknya selama di dunia politik, maupun kebijakan-kebijakan yang mereka rencanakan untuk direalisasikan pada masa kepemimpinannya kelak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)