Daftar Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari, Waspadai Hidangan Penutup

Jum'at, 24 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
Daftar Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari, Waspadai Hidangan Penutup
Kolesterol dalam makanan sering disalahpahami. Mengonsumsi makanan sehat berkolesterol tinggi sebenarnya tidak berbahaya. Foto/ hearstapps
A A A
JAKARTA - Makanan tertentu yang berkolesterol tinggi, seperti telur dan yogurt dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun makanan lain, seperti daging olahan, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan serius lainnya.

Namun, kolesterol dalam makanan sering disalahpahami. Mengonsumsi makanan sehat berkolesterol tinggi sebenarnya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Beberapa makanan ini mengandung nutrisi penting.

Dilansir healthline, Anda tidak perlu khawatir terhadap makanan kolesterol ini dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi.


Makanan tinggi kolesterol yang sangat bergizi

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan bergizi tinggi yang bisa Anda konsumsi, terutama sebagai sumber protein. Mereka juga tinggi kolesterol , dengan 1 butir telur besar (50 gram [g]) memberikannya 207 miligram (mg) kolesterol.

Riset menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang melindungi jantung, juga dikenal sebagai kolesterol “baik”.

Ada juga beberapa riset menunjukkan bahwa kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) (juga dikenal sebagai kolesterol “jahat”) dapat meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi telur. Namun, makan 1–2 butir telur per hari adalah hal yang sempurna aman untuk orang yang umumnya sehat.

2. Keju

Sepotong tunggal (22 g) keju Swiss menyediakan sekitar 20mg kolesterol dan merupakan sumber kalsium dan nutrisi lainnya.

Sebuah studi selama 12 minggu pada 139 orang menemukan bahwa makan 3 ons (oz), atau 80 g, keju berlemak penuh per hari, yang dianggap sebagai asupan tinggi, tidak meningkatkan kolesterol LDL jika dibandingkan dengan jumlah yang sama pada keju rendah. keju berlemak atau jumlah kalori yang sama dari roti dan selai.

3. Kerang

Kerang — termasuk remis, Kepiting dan udang — merupakan sumber protein, vitamin B, zat besi dan selenium yang sangat baik.

Satu porsi udang kaleng seberat 3 ons (85 g) sudah mencukupi 214mg kolesterol. Namun, riset menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan laut mungkin mengalami peningkatan kesehatan kognitif, visual, dan kardiovaskular.

4. Jeroan

Daging organ yang kaya kolesterol, seperti jantung, ginjal dan hati – sangat bergizi.

Jantung ayam misalnya, merupakan sumber antioksidan kuat CoQ10, serta vitamin B12, zat besi, dan seng. Satu porsi 1 cangkir (145 g) menyediakan 351mg kolesterol.

Studi 2017 yang melibatkan 9.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging mentah dalam jumlah sedang, termasuk daging organ, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan mereka yang konsumsinya paling sedikit.

5. Sarden

Sanden kaya akan nutrisi, juga merupakan sumber protein yang baik. Satu porsi 3,75 ons (92 g) porsi ikan kecil ini mengandung 131 mg kolesterol. Ini juga menyediakan 63% dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin D, 137% dari DV untuk vitamin B12, dan 35% dari DV untuk kalsium.

6. Yoghurt

Yoghurt penuh lemak adalah makanan kaya kolesterol yang dikemas dengan nutrisi. Satu cangkir (245 g) yogurt berlemak penuh mengandung 31,8mg kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)