Pisang Kaya Serat, Menyebabkan atau Meredakan Sembelit?

Minggu, 26 November 2023 - 14:06 WIB
loading...
Pisang Kaya Serat, Menyebabkan atau Meredakan Sembelit?
Beberapa orang mengklaim pisang menyebabkan sembelit, sementara yang lain mengatakan pisang membantu mencegahnya. Foto/ medicalnewstoday
A A A
JAKARTA - Sembelit adalah masalah kesehatan yang umum. Penyakit ini ditandai dengan buang air besar yang tidak teratur.

Penyebab sembelit pun ada banyak, dari pola makan rendah serat hingga kurang olahraga.



Beberapa orang mengklaim bahwa pisang menyebabkan sembelit, sementara yang lain mengatakan pisang membantu mencegahnya.

Pisang kaya akan serat

Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Itu adalah camilan yang nyaman dan sangat sehat.

Pisang juga kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 3,1 gram nutrisi ini.

Serat telah lama direkomendasikan oleh para profesional kesehatan untuk membantu mencegah dan meredakan sembelit. Sementara, ada dua jenis serat makanan, larut dan tidak larut.

Serat larut menyerap air, membantu tinja tetap besar dan lunak. Ini dapat membantu meningkatkan pergerakan tinja melalui saluran pencernaan Anda. Banyak makanan nabati yang tinggi serat larut, seperti buah-buahan, brokoli, wortel, oat, dan kacang-kacangan.



Serat tidak larut adalah tipe kedua. Makanan tinggi serat tidak larut termasuk dedak gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat tidak larut biasanya memberikan jumlah besar dan membantu merangsang aktivitas usus. Namun, beberapa sumber, seperti dedak gandum yang digiling halus, dapat memperburuk sembelit.

https://www.sindonews.com/topic/44832/buah-pisangmenyediakan serat larut dan tidak larut. Dalam kebanyakan kasus, meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)