Apa Itu Liposuction? Operasi Sedot Lemak yang Dilakukan Nanie Darham

Minggu, 26 November 2023 - 20:30 WIB
loading...
Apa Itu Liposuction? Operasi Sedot Lemak yang Dilakukan Nanie Darham
Nanie Darham menjalani operasi sedot lemak yang disebut liposuction sebelum meninggal dunia karena dugaan malapraktik. Nanie menjalani ini di salah satu klinik. Foto/Instagram Nanie Darham
A A A
JAKARTA - Nanie Darham menjalani operasi sedot lemak yang disebut liposuction sebelum meninggal dunia karena dugaan malapraktik. Nanie menjalani prosedur ini di salah satu klinik di kawasan Jakarta Selatan pada 21 Oktober 2023.

Nanie dilaporkan tergoda dengan pernyataan dokter yang mengklaim prosedur liposuction ini aman untuknya meski baru dua bulan melahirkan. Namun, setelah operasi sedot lemak selesai dilakukan, kondisi Nanie tiba-tiba saja menurun.

Dia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit dr. Suyoto, Bintaro dengan ambulans. Namun, saat dibawa ke rumah sakit, Nanie dinyatakan meninggal dunia. Saat itu, tampak darah keluar dari mata dan hidungnya.

Apa Itu Liposuction?



Lantas, apa itu liposuction dan apa saja efek sampingnya? Berikut ulasannya dikutip situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Minggu (26/11/2023).



Metode sedot lemak liposuction merupakan tindakan operasi atau pembedahan untuk menghilangkan lemak berlebih pada bagian tubuh tertentu. Seperti di area lengan, perut, pinggul, bokong, dan paha.

Pada sedot lemak jenis ini, umumnya pasien akan disuntikkan obat bius total. Dokter kemudian akan melakukan sayatan lebih besar dengan proses yang berlangsung selama satu hingga tiga jam.

Setelah penghancuran lemak selesai dilakukan, sisa lemak tersebut akan disedot keluar tubuh melalui kanula dan alat penyedot lemak. Hasil penyedotan lemak dengan metode liposuction bisa saja membuat kulit terlihat kendur.

Ini karena hilangnya lemak di area tersebut sehingga memungkinkan untuk diberi perawatan lanjutan. Selain itu, pasien sedot lemak akan diminta mengenakan pakaian kompresi (korset) selama dua bulan untuk menjaga bentuk tubuh setelah operasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)