8 Cara Mengatasi Sakit Perut karena Haid Ini Ampuh, Cobain Deh!

Senin, 27 November 2023 - 13:13 WIB
loading...
8 Cara Mengatasi Sakit Perut karena Haid Ini Ampuh, Cobain Deh!
Ketika nyeri haid dirasa tidak tertahankan, tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Delapan cara mengatasi sakit perut karena haid ini ampuh dan sudah dilakukan oleh banyak orang. Selain itu, caranya tergolong aman dan sesuai dengan rekomendasi medis.

Sakit perut saat haid atau biasa disebut dysmenorrhea, terjadi akibat ketidakmampuan oksigen mencapai jaringan rahim akibat kontraksi otot dinding rahim. Kontraksi inilah yang menyebabkan perut terasa sakit atau nyeri ketika masa haid datang.

Ketika nyeri haid dirasa tidak tertahankan, tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya. Selain dengan mengonsumsi obat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid, seperti poin-poin berikut ini.

Cara Mengatasi Sakit Perut karena Haid

1. Perbaiki Pola Makan

Ketika menstruasi, batasi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut kembung hingga kelebihan cairan tubuh. Seperti makanan berlemak, hidangan asin, kafein, alkohol, dan soda.

Memperbaiki pola makan ketika menstruasi dinilai dapat mengurangi rasa nyeri dan kram. Perbanyak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya asam lemak omega-3, buah, sayur, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan biji-bijian dapat membantu tubuh tetap sehat.


2. Kompres Perut yang Kram

Mengompres perut dengan air hangat dapat mengendurkan dinding otot perut dan meningkatkan aliran darah. Studi menemukan bahwa kompres tepat pada perut yang kram dengan total 4 jam sehari akan meredakan rasa nyeri dan mengurangi rasa sakit pada wanita yang sedang menstruasi.

Untuk meredakan kram, kompres yang dapat digunakan bermacam-macam, baik itu menggunakan kantung berisi air panas, heat patch tempel yang praktis, atau bantalan hangat elektronik.

3. Olahraga Ringan

Meski perut terasa sakit, olahraga tetap harus dilakukan. Lakukan olahraga yang sederhana seperti jogging, peregangan otot, atau yoga. Olahraga bisa membantu tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat suasana hati jadi senang serta meredakan nyeri dan melemaskan otot.

4. Pijat Area Perut

Lakukan pijatan lembut pada perut yang terasa nyeri sekitar 5 menit, berikan pijatan dengan gerakan melingkar secara perlahan. Gunakan minyak dengan campuran minyak kelapa dan minyak esensial, seperti kayu manis, cengkeh atau lavender.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan membantu mengurangi rasa nyeri atau kram saat haid. Air hangat atau sedikit panas dapat membantu otot perut menjadi rileks sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan.

6. Kelola Stres

Bagi wanita yang sedang haid, stres berdampak pada nyeri dan kram perut karena dorongan hormon kortisol di uterus. Untuk itu, yuk coba buat pikiran Anda menjadi lebih rileks dengan perbanyak istirahat, meditasi, atau latihan mengelola pernapasan.

7. Konsumsi Air Putih

Jangan sampai terlewat untuk minum air putih 8-10 gelas per hari saat haid untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada uterus. Di samping itu, air putih bisa melancarkan pencernaan Anda. Mulai konsumsi air mineral hangat pada pagi hari setelah bangun tidur, dalam kondisi belum mengonsumsi makanan apapun.

8. Konsumsi Jamu

Jamu adalah racikan herbal alami yang berfungsi untuk meredakan nyeri haid. Salah satunya kunyit asam yang dapat membantu melancarkan haid Anda, sekaligus sebagai pereda nyeri karena kandungan ibuprofen di dalamnya.

Seperti Sido Muncul Kunyit Asam yang dikemas dalam botol berkualitas tinggi sehingga bisa menjaga kandungan bermanfaat yang ada di dalamnya. Dapatkan produk ini di AladinMall mumpung ada diskon spesial 30% sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Yuk download aplikasi AladinMall di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan karena promonya terbatas!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)