Deretan Makanan yang Bisa Mengubah Warna Kencing

Kamis, 30 November 2023 - 10:34 WIB
loading...
Deretan Makanan yang Bisa Mengubah Warna Kencing
Sejumlah makanan dengan kandungan tertentu dapat mengubah warna kencing manusia. Salah satunya wortel. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah makanan yang dapat mengubah warna kencing manusia. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh kandungan makanan tertentu.

Warna yang biasanya muncul pada air kencing antara lain merah, merah muda, warna hijau, hingga berbau tidak sedap.

Perubahan warna tersebut tentu dihasilkan secara alami karena kandungan yang ada pada makanan. Adapun sejumlah makanan yang bisa mengubah warna kencing adalah sebagai berikut.

Daftar Makanan yang Bisa Mengubah Warna Kencing

1. Asparagus


Jenis sayur ini mengandung asam asparagus yang bisa terpecah menjadi senyawa sulfur saat dicerna oleh tubuh. Senyawa sulfur ini bisa membuat kencing berwarna kuning gelap atau kehijauan, dan berbau menyengat.


2. Ikan Salmon


Ikan salmon merupakan sumber vitamin B6 yang baik, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat kencing berwarna kuning cerah atau oranye. Vitamin B6 juga bisa mempengaruhi aroma kencing yang jadi lebih mirip dengan obat.

3. Wortel


Wortel kaya akan betakaroten, yaitu pigmen karotenoid penghasil warna oranye. Jika makan wortel terlalu banyak, kencing bisa berubah warna menjadi kuning gelap atau oranye. Kondisi ini disebut karotenemia, yaitu kadar betakaroten berlebihan dalam darah.

4. Bit


Bit juga mengandung betanin, yaitu pigmen yang memberi warna merah pada bit. Makan bit bisa menyebabkan beeturia, yaitu kencing berwarna merah atau merah muda yang tidak berbahaya dan tidak menunjukkan masalah kesehatan.

5. Buah beri


Buah beri seperti blackberry, blueberry, dan raspberry juga mengandung pigmen yang bisa memberi warna merah atau ungu pada kencing. Hal ini juga tidak berbahaya dan akan kembali normal setelah beberapa waktu.


6. Kacang Parang


Kacang parang atau kacang merah mengandung antosianin, yaitu pigmen yang memberi warna merah pada kacang ini. Makan kacang parang bisa membuat kencing berwarna merah atau coklat.

7. Rhubarb


Rhubarb adalah tanaman yang batangnya bisa dimakan sebagai sayur atau buah. Rhubarb mengandung pigmen antrasena yang bisa membuat kencing berwarna merah atau coklat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)