6 Titik Akupuntur Kaki Kiri dan Kanan untuk Atasi Nyeri

Kamis, 30 November 2023 - 11:21 WIB
loading...
6 Titik Akupuntur Kaki Kiri dan Kanan untuk Atasi Nyeri
Akupuntur merupakan salah satu bentuk pengobatan tertua yang berasal dari Tiongkok. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Akupuntur merupakan salah satu bentuk pengobatan tertua yang berasal dari Tiongkok. Metode ini banyak digunakan untuk berbagai masalah kesehatan seperti mual, nyeri, cedera olahraga, varises, bahkan infertilitas.

Akupuntur dilakukan dengan memasukkan jarum kecil dan tipis ke dalam kulit, termasuk pada kaki. Akupuntur kaki dapat mengatasi berbagai masalah di kaki. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengobati berbagai bentuk nyeri kaki yang berhubungan dengan pergelangan kaki, tumit, dan bola kaki.

Namun, perlu Anda tahu, bahwa variasi akupuntur kaki kanan dan kaki kiri berbeda. Terdapat beberapa titik refleksi kaki kanan ataupun kiri yang dapat dipijat agar memperoleh manfaat untuk tubuh. Apa saja? Berikut informasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/11/2023).


1. Pergelangan Kaki Belakang

Titik akupuntur pada pergelangan kaki belakang kanan maupun kiri ini akan membantu mengurangi tekanan di bagian tendon achilles yang menghubungkan otot betis ke tumit.

2. Punggung Atas Kaki

Titik akupuntur kaki ini akan membuat tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

3. Ibu Jari atau Jempol

Apabila Anda mengalami sakit kepala, dapat mencoba melakukan akupuntur kaki pada bagian jempol ini. Caranya dengan memijat dan menekan lembut di bagian jempol. Titik akupuntur kaki kanan atau kiri pada bagian jempol diyakini efektif juga untuk mengatasi kram.

4. Sisi Kaki di Atas Tumit

Bagian sisi kaki di atas tumit bisa menjadi titik akupuntur yang digunakan untuk mengatasi pegal dan tidak nyaman di area pinggul.

5. Sela Jari Kaki

Bagian sela jari kaki ini menjadi salah satu titik akupuntur yang sering dilakukan. Memijat sela jari kaki bisa membantu menjaga kesehatan pada area punggung belakang, dada, dan paru-paru.

6. Jari Kaki

Bagian jari kaki kanan dan kiri menjadi titik akupuntur yang tidak boleh dilewatkan. Dengan memijat secara lembut bagian jari kaki, Anda bisa menghilangkan rasa pegal dan tidak nyaman pada betis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)