Cobain Yuk! Ini Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:51 WIB
loading...
Cobain Yuk! Ini Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan
Menjaga pola makan saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal. Anda juga harus mencoba beberapa jenis olahraga. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Menjaga pola makan saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal. Anda juga harus mencoba beberapa jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan dengan jadwal yang teratur.

Terdapat beberapa pilihan olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, aktivitas ini juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lain agar hasilnya maksimal.

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

1. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Untuk Anda yang malas bersepeda di luar, gunakan sepeda statis yang biasanya ada di gym.

Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit bisa membakar sebanyak 180-360 kalori dan untuk latihan sepeda statis bisa membakar sekitar 250-280 kalori dengan lama waktu yang sama.

Selain bisa membantu mengurangi berat badan, ada manfaat lain dari bersepeda yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh. Bersepeda bisa turunkan berbagai resiko penyakit seperti kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

2. Lompat Tali

Lompat tali merupakan jenis olahraga berikutnya yang dapat Anda coba di rumah untuk menurunkan berat badan. Meski terlihat sederhana, namun olahraga ini rupanya memiliki efektivitas pembakaran kalori yang kurang lebih sama dengan lari santai.

Lompat tali dengan intensitas ringan selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 128 kalori. Sementara itu, lompat tali yang dilakukan dengan intensitas berat dan durasi yang sama dapat membakar hingga 421 kalori.

3. Tenis

Tenis merupakan aktivitas aerobik yang tak hanya berfungsi untuk menyehatkan jantung saja, tapi juga berperan dalam menurunkan berat badan. Studi Aerobic Exercise Alone Results in Clinically Significant Weight Loss for Men and Women: Midwest Exercise Trial pun menunjukkan bukti aktivitas aerobik membantu menurunkan berat badan.

Penelitian mengungkap laki-laki dan perempuan gemuk yang melakukan aerobik lima hari dalam seminggu selama 10 bulan akan kehilangan berat badan. Supaya lebih efektif, jangan hanya aerobik saja, tapi juga mengatur pola makan.

4. Badminton

Selain permainannya yang mirip dengan tennis, badminton juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu menurunkan produksi gula oleh hati dan juga dapat menurunkan gula darah.

5. Berenang

Berenang merupakan alternatif olahraga yang sangat menyenangkan guna membantu menurunkan berat badan. Khususnya bila Anda mempunyai kolam renang pribadi, maka kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari.

Salah satu artikel dari Harvard Health mengungkapkan, berenang dalam waktu 30 menit dapat membakar 298 kalori jika berenang dengan gaya punggung, 409 kalori renang gaya kupu-kupu, dan 372 kalori renang gaya dada.

Itulah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk turunkan berat badan. Dapatkan berbagai perlengkapan olahraga di AladinMall mumpung lagi ada diskon hingga 70% plus gratis ongkir tanpa batas!

Download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play dan App Store buat belanja! Soalnya, promonya terbatas nih. Jadi, jangan sampai kehabisan dan menyesal ya!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)