Manfaat Matcha Tak hanya Lezat untuk Makanan dan Minuman, Bisa Mencegah Kanker

Senin, 04 Desember 2023 - 07:00 WIB
loading...
Manfaat Matcha Tak hanya Lezat untuk Makanan dan Minuman, Bisa Mencegah Kanker
Matcha populer karena rasanya yang menggoda. Namun, matcha juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto/ healthline
A A A
JAKARTA - Matcha populer karena rasanya yang menggoda, di mana disajikan dalam makanan atau minuman, mulai matcha shot, latte, teh hingga penutup makanan. Namun, tak hanya itu, matcha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti halnya teh hijau, matcha berasal dari tanaman camellia sinensis. Namun, tanaman ini ditanam secara berbeda dan memiliki profil nutrisi yang unik.

Matcha mengandung nutrisi dari seluruh daun teh dan mengandung lebih banyak kafein dan antioksidan daripada yang biasanya ada dalam teh hijau.



Dikutip Healthline pada Senin (4/12/2023), penelitian terhadap matcha dan komponennya telah menemukan berbagai manfaat, menunjukkan bahwa matcha dapat membantu melindungi hati, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Manfaat matcha bagi kesehatan

1. Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Matcha kaya akan katekin, golongan senyawa tumbuhan dalam teh yang berperan sebagai antioksidan alami.

Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya, senyawa yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen matcha pada tikus mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Menambahkan matcha ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan asupan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.

2. Melindungi Kesehatan Hati

Hati sangat penting untuk kesehatan dan memainkan peran sentral dalam membuang racun, memetabolisme obat-obatan, dan memproses nutrisi. Beberapa penelitian menemukan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati Anda.

Sebuah tinjauan 2015 terhadap 15 penelitian menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati.

Namun, pada 2020, beberapa ahli mencatat bahwa meskipun matcha dapat bermanfaat bagi penderita penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) dengan mengurangi enzim hati, matcha dapat meningkatkan enzim hati pada orang tanpa NAFLD.

3. Mencegah Kanker

Matcha mengandung beberapa senyawa yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)