Konflik Israel dan Palestina Bikin Penjualan Produk Lokal Indonesia Anjlok, Ini Harapan Sandiaga

Senin, 04 Desember 2023 - 22:20 WIB
loading...
Konflik Israel dan Palestina Bikin Penjualan Produk Lokal Indonesia Anjlok, Ini Harapan Sandiaga
Menparekraf Sandiaga mengatakan bahwa konflik Israel dan Palestina memberikan dampak besar produk lokal Indonesia. Di mana jumlah penjualan mengalami penurunan. Foto/Setkab
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa konflik Israel dan Palestina yang tengah berlangsung memberikan dampak besar produk lokal Indonesia. Di mana tercatat jumlah penjualan mengalami penurunan.

Sandiaga mengatakan dampak konflik Israel dan Palestina ini sangat dirasakan oleh pelaku usaha produk ekonomi kreatif. Penurunan penjualan ini dikarenakan munculnya imbauan boikot produk Israel yang berimbas pada produk lokal Indonesia.

Sebab, banyak produk lokal Indonesia yang ikut dikira produk Israel oleh masyarakat.

“Yang telah terjadi secara dampak dan ini sedang dalam proses dilaporkan kepada kami adalah boikot terhadap produk-produk ekonomi kreatif yang dirasakan oleh para pengusaha,” kata Sandiaga, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Jakarta, Senin (4/12/2023).





“Walaupun beberapa kali telah dibantah, ini telah mengakibatkan penurunan penjualan. Karena pengusaha tersebut menyatakan produknya bukan produk dari Israel, atau yang memiliki keterkaitan dengan konflik, tapi diakibatkan dengan boikot yang sudah banyak disuarakan,” sambungnya.

Meski begitu, Sandiaga memastikan bahwa konflik antara Israel dan Palestina yang terus berkepanjangan tidak berdampak langsung terhadap industri pariwisata Indonesia. Salah satunya terkait kunjungan wisata mancanegara (wisman).

“Belum ada dampak dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara berkaitan dengan konflik di Palestina. Tapi kami sangat prihatin dengan saudara-saudara kita di Palestina,” jelasnya.

Karena itu, Sandiaga berharap masyarakat Indonesia tetap bangga dengan produk lokal. Selain itu membeli produk lokal sehingga bisa berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.



“Oleh karena itu, kita harus betul-betul mensinergikan langkah kita, karena di Natal dan tahun baru ini kita harapkan konsumsi meningkat. Sehingga ada pertumbuhan ekonomi, dan akan tercipta lapangan kerja," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)