Apakah Terapi UKR Tepat untuk Osteoartritis Lutut yang Tak Sembuh dengan Obat?

Senin, 04 Desember 2023 - 04:00 WIB
loading...
Apakah Terapi UKR Tepat untuk Osteoartritis Lutut yang Tak Sembuh dengan Obat?
Pasien osteoartritis lutut biasanya mengandalkan obat pereda nyeri untuk mengatasi gejala. Pada beberapa kasus, penderita mendapat suntikan langsung ke lutut. Foto/Mummad Sukardi
A A A
JAKARTA - Pasien osteoartritis lutut biasanya mengandalkan obat pereda nyeri untuk mengatasi gejala yang muncul. Pada beberapa kasus, penderita juga mendapat suntikan langsung ke lutut dengan tujuan sama.

Tapi, apa jadinya kalau obat baik telan maupun suntik tidak lagi mampu mengatasi gejala osteoartritis lutut? Apakah masih ada jalan keluar dari masalah kesehatan ini?

Konsultan Orthopaedic, Hip & Knee Surgeon ALTY Orthopaedic Hospital Kuala Lumpur, Malaysia, Prof Azhar M. Merican, menjelaskan bahwa pasien osteoartritis lutut yang tidak lagi mempan dengan obat masih punya peluang untuk tetap mandiri dengan operasi UKR atau penggantian lutut unicondylar.

Bahkan, operasi tersebut diklaim dapat 'membebaskan' pasien dari obat-obatan yang selama ini dikonsumsi untuk mengatasi gejala osteoartritis lutut, salah satunya nyeri di lutut.



"Kebanyakan pasien yang menjalani operasi UKR tidak lagi butuh obat-obatan pereda nyeri setelahnya," jelasnya saat ditemui langsung MNC Portal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat pada Jumat, 1 Desember 2023.

Walau, sangat disarankan bagi pasien agar pasca-operasi beradaptasi dengan beberapa perubahan. Misalnya, rutin olahraga seperti 'walking in the water' yang cukup aman bagi mereka.

Selain itu, mempertahankan kadar vitamin D pada tubuh. Sebab, kecukupan vitamin D akan membantu menjaga kesehatan tulang, bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Prof Azhar menjelaskan, operasi penggantian lutut sebagian dikerjakan dengan permukaan tulang pada salah satu kompartemen sendi lutut diangkat dan diganti dengan implan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)