Ini Tips Sukses Berkarier Menjadi CRM, Harus Percaya Diri

Kamis, 07 Desember 2023 - 00:05 WIB
loading...
Ini Tips Sukses Berkarier Menjadi CRM, Harus Percaya Diri
Ada beberapa tips sukses berkarier menjadi CRM. Profesi ini dinilai cocok untuk Gen Z dan milenial yang aktif dengan dunia digital, khususnya media sosial. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips sukses untuk berkarier menjadi customer relationship management (CRM). Profesi ini dinilai cocok untuk Gen Z dan milenial yang aktif dan familiar dengan dunia digital, khususnya media sosial.

Namun, tidak mudah untuk menjadi seorang CRM. Sebab, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki para Gen Z dan milenial untuk menjadi CRM yang piawai.

Rakhmat Aulia selaku account executive mengatakan, bekal utama menjadi CRM adalah memiliki kepribadian yang percaya diri.

"Paling penting itu harus percaya diri. Kira-kira kita berhasil nggak 'jual diri' kita ke klien hingga mereka memberikan kepercayaannya," kata Rakhmat dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (6/12/2023).



"Selain itu, kita juga harus bisa memantain hubungan baik karena terkadang cara terbaik untuk mendekati client itu mereka perlu dientertain. Kayak diajak hangout, jadi enggak melulu ngomongin jualan," sambungnya.

Selain kepercayaan diri, Rakhmat menjelaskan penampilan juga menjadi poin penting untuk menjadi CRM yang sukses. Meski kesannya terlalu memandang fisik, namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak klien yang melihat penampilan rekan yang hendak mereka ajak kerja sama.

"Jujur untuk menjadi seorang sales atau CRM itu mandang fisik banget. Jago ngomong itu memang point utama, tapi penampilan kita juga harus rapi, harus wangi. Jadi sangat penting untuk diperhatikan," jelasnya.

Tips terakhir bagi Gen Z dan milenial yang tertarik untuk menjadi CRM adalah harus memiliki mental yang kuat. Tak jarang, proposal atau project yang akan dikerjakan nanti mendapat penolakan dari klien.



Hal ini memang sudah lumrah di dunia sales dan marketing. Maka dari itu diperlukan mental yang kuat, agar tetap termotivasi dan cepat bangkit dari kegagalan tersebut.

"Mentalnya harus bener-bener kuat dan benar-benar mau kerja. Akan ada momen kita ditolak klien padahal sudah jauh-jauh datang ke kantor mereka. Kadang juga dimarah-marahin bos karena mungkin belum achieve target," ujarnya.

"Kalau emang mental benar-benar udah kuat, PD dan bisa menjual diri, profesi ini cocok buat kalian," pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)