Ini 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 14:50 WIB
loading...
A A A


4. Menunda Penuaan Dini


Kulit wajah memerlukan kolagen untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Seiring bertambahnya usia kolagen yang diproduksi akan semakin menurun. Di sinilah fungsi dari retinol sebagai pemicu produksi kolagen agar tanda tanda penuaan dini dapat diminimalisir.

5. Meratakan Warna Kulit


Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat adanya produksi melanin secara berlebihan. Sementara melanin adalah pigmen pemberi warna kulit. Semakin tinggi melanin pada kulit, semakin gelap warna yang dihasilkan.

Masalah hiperpigmentasi biasanya muncul karena kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Pemakaian skincare yang mengandung retinol dapat membantu meratakan warna kulit dengan membantu regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin. Hal ini menyebabkan kulit bisa terlihat lebih cerah, sehat, dan merata.

Efek Samping Retinol untuk Kulit


Meski memiliki beragam manfaat bagi kecantikan kulit, retinol juga dapat menimbulkan efek samping, terutama pada orang yang baru pertama kali menggunakannya atau orang dengan kulit sensitif.

Efek samping yang sering muncul akibat penggunaan retinol adalah kulit kemerahan, gatal, dan kering. Namun, efek samping tersebut biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu ketika kulit sudah terbiasa dengan retinol.

Risiko timbulnya efek samping juga bisa meningkat bila retinol digunakan bersamaan dengan produk skincare yang mengandung AHA, BHA, vitamin C, dan asam salisilat. Selain itu, hindari pula perawatan wajah yang bisa membuat kulit terkelupas, seperti scrub, peeling, atau mikrodermabrasi.

Itulah beberapa manfaat retinol serta efek sampingnya untuk kulit. Dapatkan berbagai skincare yang mengandung retinol di AladinMall mumpung ada diskon s.d 45% plus gratis ongkir tanpa batas! Download aplikasinya sekarang di Google Play dan App Store !

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)