6 Tips Aman Mengajak si Kecil Libur Tahun Baru, Nomor 4 Ciptakan Rutinitas Tidur

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:37 WIB
loading...
6 Tips Aman Mengajak si Kecil Libur Tahun Baru, Nomor 4 Ciptakan Rutinitas Tidur
Akhir tahun menjadi momen untuk menikmati liburan. Tak jarang, ada yang membawa balita. Tentu ini bisa jadi masalah. Foto/ plushbeds.
A A A
JAKARTA – Akhir tahun menjadi momen untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga. Tapi, tak jarang, di antara mereka ada yang membawa balita untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Tentu ini bisa jadi masalah jika tidak diatur dengan baik.

Jika Anda membawa balita, disarankan untuk menggunakan mobil atau menggunakan transportasi umum. Pasalnya, sangat berisiko membawa balita untuk bepergian jauh dengan menggunakan sepeda motor.

Meski menggunakan mobil, ada cara yang perlu dilakukan agar balita merasa nyaman di sepanjang perjalanan. Simak tips perjalanan membawa balita saat libur Nataru seperti dibagikan Auto2000.


1. Berhenti secara teratur

Selain untuk meregangkan otot-otot pengemudi, berhenti secara teratur juga dapat membuat balita bisa bergerak setelah duduk sepanjang perjalanan. Disarankan pilih tempat yang aman agar balita bisa bergerak bebas.

2. Sediakan camilan sehat

Bawa camilan sehat seperti buah potong, kacang-kacangan, atau biskuit untuk mengatasi lapar si kecil di perjalanan. Hindari makanan yang berpotensi tumpah atau mengotori mobil dan pastikan untuk memberikan camilan sesuai dengan kebutuhan gizi anak.

3. Jaga suhu dan ventilasi

Pastikan juga suhu di dalam mobil nyaman untuk si kecil. Gunakan tirai atau penutup jendela untuk melindungi mereka dari sinar matahari langsung. Kemudian pastikan juga bahwa ventilasi mobil tetap baik agar udara di dalam mobil segar.

4. Ciptakan rutinitas tidur

Jika perjalanan memakan waktu lebih dari satu hari, ciptakan rutinitas tidur yang mirip dengan di rumah. Bawa selimut atau mainan kesukaan si kecil untuk menciptakan suasana yang nyaman dan familier.


5. Bermain bersama

Libatkan diri Anda dalam perjalanan dengan bermain dan berbicara dengan si kecil. Hal ini tidak hanya akan menghibur mereka, tetapi juga membangun ikatan yang erat antara Anda dan si kecil. Bawalah mainan favorit mereka untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan.

6. Tetap tenang dalam situasi jenuh

Sering kali balita bisa menjedi rewel atau gelisah ketika mulai jenuh. Tetaplah tenang dan cari cara untuk menenangkan mereka tanpa mengalihkan perhatian dari pengemudi. Jika perlu, berhentilah sejenak untuk memberikan perhatian khusus pada anak.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)