7 Makanan Sehat yang Bantu Perkuat Daya Ingat Anak

Senin, 11 Desember 2023 - 04:30 WIB
loading...
7 Makanan Sehat yang Bantu Perkuat Daya Ingat Anak
Beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu memperkuat daya ingat anak. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu memperkuat daya ingat anak. Apa saja itu?

Siapa tak bangga memiliki anak yang cerdas? Mereka bisa cepat menyerap apa yang diajarkan orang tua dan memiliki daya ingat yang kuat terhadap banyak hal.

Salah satu yang mempengaruhi hal tersebut adalah makanan. Maka itu, penting sekali bagi orang tua untuk memberikan asupan makanan sehat dan bergizi buat anak. Mengutip laman WebMD, Senin (11/12/2023), berikut 7 makanan sehat yang membantu perkuat daya ingat anak.


1. Salmon

Andrea Giancoli, seorang ahli gizi asal Los Angeles, menyampaikan, ikan berlemak seperti salmon adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang sangat baik. Keduanya penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak asam lemak ini dalam makanannya memiliki pikiran yang lebih tajam dan melakukan tes keterampilan mental dengan lebih baik.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein yang baik. Selain itu, bagian kuning telur juga kaya akan kolin yang membantu perkembangan daya ingat.

3. Oatmeal

Oat kaya akan serat. Menyantap oat di pagi hari dapat menjaga otak anak tetap mendapat asupan nutrisi sepanjang pagi di sekolah. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium, dan seng yang membuat tubuh serta otak berfungsi dengan kapasitas penuh.

"Oat memberikan energi atau bahan bakar yang sangat baik untuk otak yang dibutuhkan anak-anak di pagi hari," kata Sarah Krieger, seorang konsultan di Florida.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry merupakan buah-buahan yang sangat baik untuk membantu tingkatkan daya ingat. Selain itu, buah beri mengandung antioksidan tinggi, terutama vitamin C, yang dapat membantu mencegah kanker.

“Secara umum, semakin pekat warnanya, semakin banyak nutrisi yang terkandung dalam buah beri,” kata Krieger.


5. Sayuran Berbagai Warna

Tomat, ubi jalar, labu, wortel, serta bayam merupakan sayuran dengan warna yang kaya dan pekat. Semua sayuran ini adalah sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel-sel otak kuat dan sehat.

6. Susu dan Yogurt

Makanan olahan susu mengandung protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, serta enzim. Selain itu, susu dan yogurt juga memberikan tambahan protein dan karbohidrat. Dua hal tersebut merupakan sumber energi pilihan untuk otak.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak

Zat besi adalah mineral penting yang membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber zat besi yang paling baik diserap. Faktanya, hanya 1 ons per hari telah terbukti membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber lain. Daging sapi juga mengandung zinc, yang membantu daya ingat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)