Studi: Menikah Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Senin, 11 Desember 2023 - 09:55 WIB
loading...
A A A


Pengukuran tekanan darah mereka dilakukan pada satu titik waktu. Di antara pasangan di Inggris, prevalensi kedua pasangan memiliki tekanan darah tinggi paling tinggi yaitu 47 persen. Angka ini dibandingkan dengan hampir 38 persen pasangan di AS, 21 persen pasangan di China, dan 20 persen pasangan di India.

Meskipun tekanan darah tinggi lebih umum terjadi di AS dan Inggris dibandingkan negara lain, hubungan antara status tekanan darah pasangan ditemukan lebih kuat di China dan India.

Dibandingkan dengan perempuan yang menikah dengan laki-laki yang tidak memiliki tekanan darah tinggi, perempuan yang suaminya menderita tekanan darah tinggi memiliki kemungkinan 19 persen lebih besar untuk mengidap penyakit tersebut di India dan 26 persen lebih besar kemungkinannya untuk mengidap penyakit tersebut di China.

Sedangkan di AS dan Inggris, mereka hanya sembilan persen lebih mungkin mengidap penyakit tersebut. Temuan serupa terjadi pada pria yang menikah dengan wanita dengan dan tanpa tekanan darah tinggi. Rekan penulis studi, Dr Peiyi Lu, mengatakan faktor budaya menjadi penyebab hal ini.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)