Hadapi Cuaca Ekstrim, Ini Tips Hidup Sehat ala Influencer Kesehatan Embun KF

Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:05 WIB
loading...
Hadapi Cuaca Ekstrim, Ini Tips Hidup Sehat ala Influencer Kesehatan Embun KF
Influencer kesehatan Embun KF memiliki kiat khusus untuk menjaga kesehatannya.
A A A
JAKARTA - Tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat makin meningkat yang tentu berdampak pada pesatnya penyebaran konten-konten di media sosial.

Terlebih adanya informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengumumkan peringatan cuaca ekstrem yang akan terjadi pada Desember. Untuk itu masyarakat perlu waspada dalam menghadapi. Apalagi cuaca ekstrem menimbulkan kondisi tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit. Untuk itu perlu yang dinamakan kesadaran dalam hidup sehat.

Alhasil muncul banyak konten kesehatan di media sosial dari berbagai kalangan untuk memberikan informasi maupun edukasi mengenai hidup sehat. Salah satunya Khairani Fauziah yang akrab disapa dengan Embun KF, promotor kebugaran atau fitness influencer, menjelaskan bahwa masyarakat dapat dengan mudah belajar tentang gaya hidup sehat melalui media sosial.

“Walau informasi berlimpah, kita harus waspada terhadap sumbernya. Dari yang saya pelajari, informasi kesehatan merupakan kategori informasi yang memiliki tingkat hoax yang tinggi," kata Embun KF.

Dari yang apa yang di pelajari, adanyainformasi kesehatan merupakan kategori informasi yang memiliki tingkat hoax yang tinggi. "Kalaupun ada informasi dari narasumber terpercaya, penyampaiannya terkesan kaku dan kurang menarik," kata Embun.

Embun KF berpendapat bahwa tidak ada kata terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai menerapkan gaya hidup sehat. "Saat kita sehat, maunya banyak. Namun saat kita sakit, maunya cuma sehat. Maka dari itu, harapan saya adalah agar masyarakat selalu ingat bahwa kekayaan yang paling tidak ternilai adalah kesehatan," tutupnya.

Untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap kesehatan, Khairani kerap menyisipkan unsur komedi agar edukasi yang dia bagikan dapat lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan. "Dari pengalaman saya, masyarakat saat ini kurang tertarik untuk menyimak apabila pengemasan informasi yang terlalu serius," ucapnya.

Dia juga berpendapat bahwa tidak ada kata terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai menerapkan gaya hidup sehat. "Saat kita sehat, maunya banyak. Namun saat kita sakit, maunya cuma sehat. Maka dari itu, harapan saya adalah agar masyarakat selalu ingat bahwa kekayaan yang paling tidak ternilai adalah kesehatan," jelasnya.

Untuk itu dia pun memberikan tips sehat yang cukup mudah dipraktikkan:

1. Berjalan kaki lebih banyak apabila belum rutin berolahraga. Mulailah dengan 3.000 langkah per hari dan tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 7.000 langkah.

2. Mulai rutin latihan beban. Jenis latihan ini dapat mempertahankan metabolisme tetap tinggi hingga lanjut usia.

3. Memiliki jam tidur yang teratur. Tidur sangat penting agar tidak mudah lelah saat beraktivitas dan menekan keinginan untuk ngemil.

4. Minum air putih lebih banyak. Dengan cukup minum atau minimal 2 liter sehari memberikan manfaat yang baik untuk fungsi tubuh kita.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)