5 Khasiat Makan Bayam Setiap Hari, Bisa Cegah Osteoporosis

Selasa, 12 Desember 2023 - 20:00 WIB
loading...
5 Khasiat Makan Bayam Setiap Hari, Bisa Cegah Osteoporosis
Khasiat makan bayam setiap hari untuk kesehatan sangat beragam. Bayam sendiri merupakan sayuran berdaun hijau yang bergizi dan telah terbukti bermanfaat. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Khasiat makan bayam setiap hari untuk kesehatan sangat beragam. Bayam sendiri merupakan sayuran berdaun hijau yang bergizi dan telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara.

Manfaat ini didapat karena bayam mengandung vitamin A, C, K1, asam folat, besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam juga mengandung beberapa vitaimin dan mineral lain.

Termasuk potasium, magnesium, serta vitamin B6, B9 dan E yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bayam rendah karbohidrat, tetapi tinggi serat tidak larut yang bermanfaat bagi pencernaan.

Khasiat Makan Bayam Setiap Hari



Berikut khasiat makan bayam setiap hari dilansir dari Webmd, Selasa (12/12/2023).


1. Meningkatkan Hidrasi


Mengonsumsi bayam merupakan cara lain untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, selain minum. Bayam adalah sayuran yang hampir seluruhnya mengandung air. Tambahkan ke menu makanan dan camilan Anda sepanjang hari untuk mendapatkan H2O tambahan.

2. Mencegah Osteoporosis


Bayam mengandung kalsium, mangan, dan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Tubuh Anda selalu membuang dan membangun kembali jaringan tulang. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium, peluang untuk terkena osteoporosis akan lebih tinggi.

5 Khasiat Makan Bayam Setiap Hari, Bisa Cegah Osteoporosis

Foto/Infografis SINDOnews



3. Membantu Perkembangan Bayi


Ada banyak folat dalam bayam. Vitamin ini mencegah cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida pada bayi. Itu sebabnya dokter kerap meminta ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat. Anda juga mendapatkan vitamin B6 dari bayam, yang penting untuk perkembangan otak bayi di dalam rahim dan setelah lahir.

4. Membatasi Nafsu Makan


Studi menunjukkan ekstrak tilakoid dari tanaman seperti bayam dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini terjadi karena senyawa itu menurunkan kadar hormon kelaparan dan meningkatkan hormon yang membuat merasa kenyang.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Bayam memiliki mineral dan vitamin seperti vitamin E dan magnesium yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan ini dapat membuat tubuh aman dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Ini juga melindungi tubuh dari hal-hal lain yang dapat menyakiti, seperti racun.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)