Kaum Milenial Ternyata Gampang Jompo, Ini 5 Tips Mengatasi Cepat Tua

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:33 WIB
loading...
Kaum Milenial Ternyata Gampang Jompo, Ini 5 Tips Mengatasi Cepat Tua
Sebuah studi mengungkap bahwa generasi milenial lebih cepat menua. Mengatasinya bisa dengan banyak minum air putih. Foto/ ndtvimg
A A A
JAKARTA – sebuah studi mengungkap bahwa generasi milenial ternyata lebih cepat menua alias gampang jompo dibanding generasi sebelumnya.

Studi yang diungkap perusahaan di Amerika Serikat, Blue Cross Blue Shield ini berdasarkan data bahwa kaum milenial kerap mengalami berbagai macam penyakit yang berdampak pada penurunan kesehatan fisik.

Beberapa penyakit tersebut, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, hingga kesehatan mental seperti yang terlihat pada kasus depresi dan gangguan kecemasan, serta penyakit lainnya.



Para ahli berpendapat bahwa hal ini tidak hanya terjadi pada kaum milenial di Amerika Serikat, juga di Asia.

Lantas, bagaimana cara mencegah gampang jompo bagi kaum milenial agar tetap fit di usia mereka? Berikut beberapa tipsnya, dilansir dari beberapa sumber pada Kamis (14/12/2023).

Tips Mengatasi Cepat Tua

1. Menjaga asupan makanan

Mengonsumsi makanan favorit memang tidak salah. Namun, tidak sedikit pula makanan favorit yang memberi efek negatif buat tubuh, seperti kolesterol tinggi, gula terlalu manis, dan lain-lain.

Sebisa mungkin, konsumsilah makanan sehat dan rendah kolesterol seperti daging ikan, daging unggas tanpa kulit, olahan susu rendah lemak, sayur, buah-buahan, dan sejenisnya.

2. Olahraga

Tips selanjutnya agar tidak mudah ‘jompo’ di usia muda yakni dengan rutin berolahraga paling tidak 20-30 menit setiap harinya.

Lakukan aktivitas fisik pada rutinitas harian Anda, misalnya pilihlah naik tangga ketimbang naik lift. Hal ini dilakukan demi menjaga kalori tubuh agar tetap terbakar dan Anda tidak menjadi pribadi yang pasif.

3. Mengelola stres dengan baik

Tekanan dari pekerjaan, hubungan dengan keluarga, pertemanan, dan semua yang ruwet harus bisa dikendalikan dengan baik. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan seseorang memiliki gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Yang berakibat meningkatnya risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

4. Jaga berat badan agar tetap ideal

Cara berikut ini agar tidak mudah sakit di usia muda apat dilakukan dengan sejumlah kombinasi seperti diet sehat, olahraga dan mengatur asupan makanan.

Salah satu dampak buruk dari berat badan yang tak terkontrol adalah obesitas. Apalagi kondisi tersebut dapat memicu sejumlah penyakit seperti jantung koroner.


5. Rutin minum air putih

Rutin minum air putih adalah cara paling mudah agar tidak gampang sakit dan tetap menjaga stamina di usia muda. Terlebih, air berperan penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda.

Pasalnya, air membantu melancarkan peredaran darah dan getah bening yang membawa sel-sel yang menjadi bagian sistem imun tubuh.

Meskipun Anda tidak beraktivitas berat atau berolahraga, kadar air dalam tubuh terus berkurang karena tetap digunakan untuk berbagai fungsi tubuh.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2705 seconds (0.1#10.140)