Biar si Kecil Sehat, Ketahui 5 Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

Kamis, 14 Desember 2023 - 16:16 WIB
loading...
Biar si Kecil Sehat, Ketahui 5 Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui
Nutrisi untuk ibu menyusui harus dipenuhi guna menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si kecil. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Nutrisi untuk ibu menyusui harus dipenuhi guna menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si kecil.

Bayi hanya mengonsumsi ASI ibunya saat baru lahir hingga dirinya bisa menerima makanan pendamping ASI alias MPASI. ASI yang berkualitas akan mendukung dan mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

Oleh karena itu, kebutuhan ibu menyusui pun tidak sama dengan wanita yang sedang tidak menyusui. Makanya, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan rincian sebagai berikut.


Nutrisi untuk Ibu Menyusui

1. Karbohidrat

Selama masa menyusui, kebutuhan akan karbohidrat umumnya harus ditambah sebanyak 400 hingga 500 kalori. Meskipun demikian, tambahan kalori yang dibutuhkan oleh ibu berbeda-beda. Umumnya tergantung oleh frekuensi menyusu bayi, kesehatan bayi, berat badan ibu, serta metabolisme tubuh.

Kebutuhan kalori yang tinggi ini bisa tercukupi dengan mengonsumsi karbohidrat. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi, oatmeal, roti gandum, atau kentang yang memiliki kalori cukup. Makanan-makanan tersebut juga dapat menjadi sumber kekuatan serta membuat ibu kenyang lebih lama.

2. Asam Lemak

Sumber utama kalori bayi berasal dari lemak. Selain sebagai sumber energi, lemak juga bermanfaat untuk membangun jaringan otak si kecil. Tubuh ibu juga membutuhkan lemak. Tapi, ibu sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, dan batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans.

Selama periode menyusui, Anda wajib mengonsumsi makanan tinggi asam lemak seperti ikan salmon, ikan kembung, kacang-kacangan, daging sapi, dan lain-lain.


3. Protein

Menurut sebuah penelitian, asupan protein yang cukup dari ASI berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi, sehingga akan membantu meningkatkan kecerdasannya di masa mendatang. Sumber protein yang bisa Anda dapatkan di antaranya susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya.

4. Zat Besi

Nutrisi ibu menyusui yang tak kalah penting adalah zat besi. Mineral yang satu ini memiliki peran penting dalam proses perkembangan otak bayi. Selain itu, makanan yang kaya akan zat besi dapat mencegah dan mengurangi risiko ibu mengalami anemia.

Jika Ibu kekurangan zat besi, maka kemungkinan akan rentan terkena infeksi dan mudah merasa lelah. Nutrisi ibu menyusui yang satu ini bisa didapatkan dari daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum utuh. Untuk membantu penyerapan zat besi, sebaiknya ibu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah dan sayur.

5. Kalsium

Kalsium yang dibutuhkan ibu menyusui adalah sebanyak 1300 mg setiap hari. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi bayi, serta mencegah ibu mengalami osteoporosis. Pasalnya ketika ibu kekurangan kalsium, bayi akan menyedot cadangan kalsium dari tubuh ibu. Akibatnya, ibu bisa mengalami osteoporosis.

Beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi antara lain susu khusus ibu menyusui, keju, yoghurt, sayuran hijau, serta kedelai. Jika perlu, dokter juga akan meresepkan suplemen kalsium dengan dosis tertentu untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

6. Vitamin & Mineral

Vitamin yang penting dan dibutuhkan selama masa menyusui adalah vitamin B1, B6, B2, B12, vitamin A, yodium & selenium. Jumlah kebutuhan vitamin & mineral adalah 3 porsi sehari yang bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Itulah beberapa nutrisi untuk ibu menyusui yang harus dipenuhi kebutuhannya. Ibu juga dapat menggunakan ASI Booster untuk memperlancar produksi ASI. Dapatkan beragam ASI Booster di AladinMall mumpung lagi ada harga spesial plus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)