4 Cara Alami Mengatasi Kecemasan, Nomor 2 Batasi Asupan Kafein

Jum'at, 15 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
4 Cara Alami Mengatasi Kecemasan, Nomor 2 Batasi Asupan Kafein
Kecemasan bisa diambil kendali dengan mencoba beberapa tips ampuh ini. Salah satunya batasi asupan kafein. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA - Beberapa bentuk kecemasan adalah bagian dari kehidupan di dunia yang sibuk. Namun, stres yang menjadi pemicu kecemasan ini ternyata tidak semuanya buruk.

Ini membuat Anda sadar akan bahaya, bahkan memotivasi Anda untuk tetap terorganisir dan siap, juga mempertimbangkan risiko.



Sementara, kecemasan yang tidak terkendali dapat berdampak besar pada kualitas hidup. Anda dapat mengambil kendali dengan mencoba beberapa tips-tips di bawah ini, dikutip dari Healthline.

Tips Mengatasi Kecemasan

1. Hindari alkohol

Sebuah studi tahun 2019 menegaskan bahwa ada hubungan antara kecemasan dan konsumsi alkohol, dengan gangguan kecemasan dan gangguan penggunaan alkohol yang terjadi bersamaan.

Minum alkohol dalam jumlah banyak dapat mengganggu keseimbangan pembawa pesan otak, yang disebut neurotransmiter, yang bertanggung jawab atas kesehatan mental yang positif. Gangguan ini menimbulkan ketidakseimbangan yang dapat menimbulkan gejala kecemasan tertentu.

2. Batasi asupan kafein

Jika Anda memiliki kecemasan kronis, kafein bukanlah hal yang baik untuk Anda. Kafein dapat menyebabkan rasa gugup dan gelisah, yang keduanya tidak baik jika mengalami kecemasan. Kafein dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan kecemasan.

3. Olahraga

Olahraga teratur bukan hanya tentang kesehatan fisik tetapi juga dapat sangat membantu kesehatan mental Anda.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa orang dengan gaya hidup aktif secara fisik memiliki risiko 60% lebih rendah terkena gangguan kecemasan. Risiko yang lebih rendah ini dibandingkan dengan individu yang dicocokkan dalam populasi umum sekitar 400.000 orang yang diikuti selama 21 tahun.

Efek anti-kecemasan dari olahraga dapat berasal dari berbagai alasan. Olahraga dapat mengalihkan perhatian Anda dari sesuatu yang menimbulkan rasa cemas.


4. Meditasi

Tujuan utama meditasi adalah kesadaran penuh akan momen yang terjadi saat itu, mencakup memperhatikan semua pikiran dengan cara yang tidak menghakimi. Hal ini dapat menimbulkan rasa tenang dan puas dengan meningkatkan kemampuan Anda untuk menoleransi semua pikiran dan perasaan dengan penuh kesadaran.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)