5 Makanan Ini Ampuh Obati Sakit Kepala, dari Semangka hingga Yogurt

Kamis, 14 Desember 2023 - 17:47 WIB
loading...
5 Makanan Ini Ampuh Obati Sakit Kepala, dari Semangka hingga Yogurt
Mengngatasi sakit kepala tidak melulu harus dengan obat, juga bisa disembuhkan menggunakan makanan sehat. Foto/ webmd
A A A
JAKARTA - Sakit kepala adalah hal yang tidak menyenangkan dan kerap membuat seseorang sulit beraktivitas. Mengatasinya pun tidak melulu harus dengan obat, juga bisa disembuhkan menggunakan makanan- makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Apalagi, makanan sehat dan alami ini memberikan kesembuhan tanpa efek samping pada tubuh.

Lantas, makanan apa saja yang dipercaya ampuh sembuhkan sakit kepala ? Dikutip Real Simple, berikut ini makanan yang bisa menyembuhkan sakit kepada, Kamis (14/12/2024).


Makanan untuk Mengatasi Sakit Kepala

1. Semangka

Untuk sakit kepala karena dehidrasi, jangan lupa mengonsumsi semangka segar. Sekira 90 persen dari buah merah muda ini terbuat dari air. Jadi, mengonsumsinya dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dan mengurangi dehidrasi.

Selain itu, Casey Kelley, MD, ABoIM, spesialis pengobatan integratif bersertifikat, dan pendiri dan direktur medis Case Integrative Health mengatakan, “Semangka mengandung elektrolit seperti kalium yang hilang melalui keringat selama dehidrasi.”

Namun perlu diingat, makan semangka bukanlah pengganti air minum atau cairan elektrolit. Jadi jangan lupa tetap menghidrasi tubuh dengan air mineral dan menambah asupan cairan tubuh dengan semangka.

2. Makanan berdaun hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak Swiss mungkin juga bermanfaat bagi sakit kepala.

"Daun hijau adalah sumber magnesium yang sangat baik yang terkait dengan pencegahan dan bantuan migrain," kata Dr. Kelley.

Mereka juga penuh dengan riboflavin, vitamin B yang ditemukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain pada beberapa orang, catatnya.

"Akhirnya, sayuran ini kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten; antioksidan mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang dapat berkontribusi pada serangan migrain pada beberapa orang" ucap Dr. Kelley.

3. Pisang

Sakit kepala banyak penyebabnya. Jika sakit kepala menyerang karena kelaparan, cobalah untuk mengonsumsi pisang. Pisang dikemas dengan serat penghilang rasa lapar.

Menurut Pasquariello selaku ahli diet, serat dapat memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan membuat Anda kenyang lebih lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)