5 Makanan yang Bikin Mata Sehat Selain Wortel, dari Salmon hingga Ubi

Kamis, 14 Desember 2023 - 23:39 WIB
loading...
5 Makanan yang Bikin Mata Sehat Selain Wortel, dari Salmon hingga Ubi
Ada banyak makanan yang bisa merawat mata selain wortel. Salah satunya ubi jalar. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA – Ada banyak makanan yang bisa merawat mata selain wortel. Pasalnya, banyak orang hanya tahu jika untuk mengatasi masalah mata adalah wortel.

American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO) menyebutkan ada banyak kandungan nutrisi makanan yang tidak kalah menyehatkan mata dari vitamin A. Seperti Lutein dan zeaxanthin, Vitamin C, Vitamin E, Seng, dan Omega-3.

Dengan demikian, selain wortel, ada banyak makanan lain yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jadi, bagi Anda yang tidak menyukai wortel, bisa mencoba makanan lain untuk membantu menyehatkan mata.



Lantas, makanan apa saja yang mampu membantu menyehatkan mata? Berikut MNC Portal telah merangkum informasi dari Real Simple untuk Anda.

Makanan untuk Kesehatan Mata

1. Salmon

Salmon umumnya terkait dengan kesehatan otak karena kandungan asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Namun, dua kandungan salmon tersebut ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

"Ikan yang berlezat tinggi DHA dan EPA, yang telah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan mata sejak di dalam rahim. Selama perkembangan janin dan dalam beberapa hari pertama kehidupan, mata menjadi diperkaya dengan asam lemak omega-3, terutama DHA,” kata kata Roxana Ehsani, RD, CSSD, LDN, ahli diet terdaftar yang berbasis di Miami.

"Pada orang dengan diabetes, dua porsi per minggu ikan berminyak seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden telah terbukti mengurangi risiko kerusakan retina dari retinopati diabetik," imbuhnya.

Selain itu, salmon juga merupakan sumber makanan vitamin A dan seng yang bermanfaat bagi mata.

2. Brokoli

Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari brokoli, termasuk kemampuannya untuk melindungi kesehatan mata karena mengandung vitamin C, antioksidan yang mengurangi stres oksidatif di mata dan membantu mencegah katarak.

Secangkir brokoli mentah mengandung 81,2 miligram (mg) vitamin C yang merupakan sekitar 90% dari nilai harian untuk pria dan lebih dari 100% untuk wanita. Brokoli juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Adapun antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Kandungan antioksidan dalam brokoli bukanlah hal baru, tetapi nutrisi yang kurang populer yang disebut sulforaphane juga dapat meningkatkan manfaat matanya.

"Sulforaphane memiliki dampak pada proses penyakit tertentu dan telah terbukti memiliki dampak positif pada perkembangan penyakit pada gangguan mata umum seperti glaukoma,” kata Lexi Moriarty, RDN, CSSD, ahli diet terdaftar di Westfield, New Jersey.

3. Ubi jalar

Sama halnya dengan wortel, ubi jalar juga menjadi salah satu makanan berwarna oranye. Maka, uni jalar juga kaya akan beta-karoten, pigmen yang memberi sayuran oranye rona cerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3155 seconds (0.1#10.140)