5 Cara Mencegah Lonjakan Covid-19 di Momen Libur Nataru, Nomor 3 Konsumsi Makanan Sehat

Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:01 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Lonjakan Covid-19 di Momen Libur Nataru, Nomor 3 Konsumsi Makanan Sehat
Masyarakat perlu waspada kasus Covid-19 di Indonesia yang kembali meningkat jelang libur Natal dan Tahun Baru. Foto/ ist.
A A A
JAKARTA – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Masyarakat pun perlu waspada agar tidak terpapar virus asal Wuhan, China ini.

Ada beberapa pencegahan guna menekan angka kasus positif Covid-19 . Dokter epidemiolog, dr. Dicky Budiman, M.Sc.PH mengatakan masyarakat perlu melakukan beberapa antisipasi.

“Antisipasi ini akan membantu kita menghadapi lonjakan dari kasus Covid pada saat ini sampai menjelang Nataru nanti,” kata Dicky saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (15/12/2023).


Cara Mencegah Lonjakan Covid-19

1. Pastikan Sudah Divaksin Booster

Pertama ialah memastikan anggota keluarga sudah melakukan vaksinasi booster. Dicky mengatakan, vaksinasi ini penting untuk mencegah terjadinya pemburukan dan lonjakan penularan infeksi Covid-19 .

“Pastikan kita sudah divaksinasi, dan bila masuk kategori rentan, tentu sangat penting untuk mendapatkan vaksinasi booster,” jelas Dicky.

Ia mengatakan, vaksinasi booster dari program pemerintah pun sudah cukup untuk melindungi imunitas tubuh dari risiko infeksi Covid-19.

“Tidak mesti vaksin booster terkini yang mengadopsi XBB 1.5, dengan vaksin yang ada saat ini dari program pemerintah itu juga bisa efektif menekan keparahan maupun kematian,” paparnya.

2. Terapkan 5M

Kemudian kembali gencar menerapkan 5M. Jelang libur Natal dan tahun baru ini, Dicky mengimbau masyarakat untuk tak longgar menerapkan pola mencuci tangan dan memakai masker demi mencegah keparahan Covid-19.

“5M-nya penting ya, biasakan memakai masker, usahakan aktivitas di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Ini juga sangat baik agar kita mencegah terdampak Covid-19,” jelas Dicky.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan juga jadi anjuran untuk masyarakat di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini. Dicky mengatakan menjaga imunitas tubuh menjadi poin utama agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Salah satu caranya dengan menjaga asupan dan mengonsumsi makanan sehat. Makanan kaya serat juga penting agar pencernaan lancar dan dapat berdampak bagi imunitas tubuh.

“Imunitas itu penting dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Makanan-makan dengan probiotik misalnya, ini dapat meningkatkan saluran cerna kita yang juga dalat meningkatkan imunitas,” kata Dicky.


4. Tingkatkan Imun dengan Olahraga

Aktif bergerak juga merupakan cara untuk menjaga imunitas tubuh. Untuk itu, Dicky mengatakan olahraga perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 .

Olahraga ringan namun rutin pun sangat disarankan untuk membuat tubuh tetap aktif bergerak. Sehingga daya tahan tubuh bisa tetap terjaga.

5. Istirahat yang Cukup

Satu lagi cara menekan lonjakan Covid-19 jelang libur Nataru ini ialah istirahat yang cukup. Bial hendak memiliki banyak kegiatan saat libur Nataru nanti, pastikan kamu sudah melakukan tips di atas dan diiringi dengan istirahat yang cukup.

Mendapat istirahat dan tidur dengan kualitas baik tentu akan berdampak pada imunitas yang menjadi tameng tubuh untuk menjaga diri dari paparan Covid-19.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)