11 Makanan dan Minuman yang Bikin Berat Badan Naik, dari Keripik Kentang hingga Soda

Minggu, 17 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
11 Makanan dan Minuman yang Bikin Berat Badan Naik, dari Keripik Kentang hingga Soda
Makanan dan minuman tertentu, termasuk makanan olahan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman tertentu, termasuk makanan olahan dan yang mengandung tambahan gula , seperti soda dan beberapa sereal sarapan, dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan tertentu lebih mungkin berkontribusi terhadap penambahan berat badan dibandingkan makanan lain, termasuk makanan olahan yang tinggi kalori, lemak, tambahan gula , dan garam.

Meski demikian, makanan ini tetap bisa dimasukkan ke dalam pola makan yang sehat. Pastikan untuk memantau ukuran porsi Anda dan menikmatinya secukupnya, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.



Berikut daftar makanan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Makanan yang Sebabkan Kenaikan Berat Badan

1. Soda

Soda tinggi kalori dan tambahan gula, namun kekurangan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin minum soda manis memiliki kemungkinan lebih besar untuk dibandingkan mereka yang tidak.

2. Kopi

Kopi kaya akan kafein dan berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, kopi dapat menjadi minuman bergizi. Namun, jika dimaniskan dengan tambahan sirup atau gula, kopi dan minuman berbahan dasar kopi seperti frappés, caffe latte atau mocha beku bisa mengandung gula yang sama banyaknya dengan soda.

Seperti soda dan minuman manis lainnya, minuman kopi dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan dan membahayakan kesehatan, meningkatkan risiko jantung, stroke dan diabetes tipe 2.

3. Es krim

Kebanyakan es krim yang dibuat secara komersial mengandung banyak gula dan lemak. Selain itu, karena es krim sering disantap sebagai hidangan penutup, es krim dapat menambah banyak kalori ekstra pada makanan Anda — meskipun Anda sudah merasa kenyang setelah hidangan utama.

4. Pizza

Pizza yang disiapkan secara komersial adalah makanan ringan yang populer, termasuk di kalangan anak-anak dan remaja.

Sayang, kebanyakan pizza tinggi lemak, karbohidrat olahan, dan kalori. Beberapa varietas juga dibuat dengan keju dalam jumlah besar dan daging olahan yang telah diawetkan, diasapi, atau diasinkan.

Asupan daging olahan yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan obesitas dan peningkatan risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

5. Kue dan donat

Kue dan donat sering kali mengandung, tepung olahan dan lemak dalam jumlah tinggi gula dan kalori.

6. Kentang goreng dan keripik kentang

Kentang goreng adalah pilihan camilan atau makanan sampingan yang populer, terutama saat makan di luar.

Makanan ini sering disajikan bersama makanan berkalori tinggi lainnya, seperti burger atau ikan goreng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)