4 Makanan Ini Bantu Jaga dan Tingkatkan Kinerja Otak Anda

Minggu, 17 Desember 2023 - 14:41 WIB
loading...
4 Makanan Ini Bantu Jaga dan Tingkatkan Kinerja Otak Anda
Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menjaga otak Anda dalam kondisi kerja puncak. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sebagai pusat kendali tubuh, otak bertugas menjaga detak jantung dan pernapasan paru-paru serta memungkinkan Anda bergerak, merasakan, dan berpikir. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menjaga otak Anda dalam kondisi kerja puncak.

Berikut adalah 5 makanan yang mendukung fungsi otak Anda tetap sehat, dikutip dari laman Healthline, Minggu(17/12/2023).

Makanan untuk Jaga danTingkatkan Kinerja Otak

1. Lemak Ikan

Sekitar 60% otak Anda terbuat dari lemak, dan lebih dari separuh lemak tersebut terdiri dari asam lemak omega-3. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk pembelajaran serta memori.

Omega-3 dapat memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Di sisi lain, kekurangan omega-3 dikaitkan dengan gangguan kognitif dan depresi.


2. Blueberry

Blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk otak. Blueberry dan buah beri berwarna gelap lainnya menghasilkan antosianin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek antiinflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan penuaan otak serta penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam blueberry ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak.

3. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, terbukti mampu melewati sawar darah otak, artinya bisa langsung masuk ke otak. Ini adalah senyawa antioksidan dan antiinflamasi kuat yang dapat memberikan manfaat.

Kurkumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita alzheimer. Ini juga dapat membantu membersihkan plak amiloid yang terjadi pada penyakit alzheimer.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan senyawa tumbuhan yang kuat, termasuk antioksidan. Sayuran ini juga sangat tinggi vitamin K. Vitamin yang larut dalam lemak itu penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang padat di sel otak.

Beberapa penelitian terdahulu menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori dan status kognitif yang lebih baik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)