Alam Ganjar Soroti Masalah Sampah, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Selasa, 19 Desember 2023 - 13:35 WIB
loading...
Alam Ganjar Soroti Masalah Sampah, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengajak masyarakat peduli lingkungan untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Sehingga bisa memberikan dampak pada ekonomi. Foto/MNC Media
A A A
BALI - Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengajak masyarakat peduli lingkungan untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Sehingga bisa memberikan dampak pada peningkatan ekonomi.

Alam mengungkapkan upaya konkret yang harus dilakukan oleh berbagai pihak dalam menciptakan pengelolaan sampah secara berkelanjutan. Berdasarkan data Sustainable Travel Report, sekitar 83 persen wisatawan menganggap perjalanan berkelanjutan itu penting.

Sebanyak 62 persen wisata global lebih memilih tujuan dan akomodasi yang bersertifikasi ramah lingkungan. Sebagai tujuan pariwisata dunia, Bali diwajibkan untuk memenuhi sertifikasi ramah lingkungan agar meningkatkan daya tarik wisatawan datang ke Bali.

“Soal sampah masih jadi permasalahan lingkungan hidup, bagaimana pembuangan sampah itu masih belum beres. Masih berserakan di alam maupun di tempat umum, dan residu efeknya banyak sekali, bisa dari aktifitas pariwisata dan sampah rumah tangga,” kata Alam di Bali pada Senin, 18 Desember 2023.





Menurut putra calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ini pengelolaan sampah perlu diperkuat melalui sistem bersama dan dukungan dari pemerintah. Sistem yang ada perlu dibenahi baik dari sisi masyarakat maupun dari pemerintah.

“Masih perlu ada pembenahan di mana sistem pengumpulan sistem bersama agar itu bisa dieksekusi melalui dukungan dari pemerintah. Bagaimana pemilihan sampah belum dilakukan secara efektif,” jelasnya.

“Kondisi itu dapat membuat TPA membludak dan meledak secara besar karena sampah organik mengeluarkan gas metana yang menyebabkan hal tersebut terjadi,” lanjutnya.

Berbagai upaya mandiri tengah dilakukan oleh komunitas atau organisasi pecinta lingkungan. Alam mengatakan sejumlah komunitas peduli lingkungan telah membuat biopori secara masif dan memberi edukasi kepada masyarakat soal pengelolaan sampah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)