Jangan Tiup Makanan Panas, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Selasa, 19 Desember 2023 - 15:10 WIB
loading...
Jangan Tiup Makanan Panas, Ini Bahayanya untuk Kesehatan
Meniup makanan panas kebiasaan banyak orang yang sering dilakukan. Namun, hal ini tidak disarankan para dokter lantaran bisa membahayakan kesehatan tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Meniup makanan panas telah menjadi kebiasaan banyak orang yang sering dilakukan setiap mengonsumsi sesuatu. Namun, hal ini tidak disarankan para dokter lantaran bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Dokter sekaligus influencer Nadia Alaydrus mengatakan bahwa meniup makanan dan minuman panas tidak disarankan untuk kesehatan . Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan secara medis.

Di mana saat meniup lilin yang berada di kue ulang tahun, akan mentransfer bakteri dan mikroorgranisme ke makanan tersebut. Tak tanggung-tanggung, akan ada 1.400 lebih bakteri di kue dibandingkan dengan kue ulang tahun yang tidak ditiup.



Jangan Tiup Makanan Panas, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews

"Saat meniup makanan yang akan dikonsumsi, itu akan mentransfer bakteri dan juga mikroorganisme yang lain dari saluran pernapasan ke makanan tersebut," kata Nadia dikutip dari akun TikTok pribadinya, Selasa (19/12/2023).

"Makanya nggak disarankan meniup makanan," sambungnya.

Selain itu, meniup makanan atau minuman panas juga bisa menyebabkan orang lain menderita penyakit yang sama seperti Anda.



Dilansir dari Steemit, meniup makanan panas juga berpotensi mengganggu keseimbangan asam tubuh. Ini karena ada pelepasan karbon dioksida (CO2) yang kemudian bereaksi dengan uap air (H2O) dalam makanan.

Proses tersebut akhirnya menghasilkan asam karbonat (H2CO3) yang membuat tingkat keasaman makanan meningkat. Untuk itu, ketika Anda sedang mengonsumsi makanan panas, sebaiknya jangan ditiup.

Sebagai gantinya, bisa lakukan beberapa cara untuk menghilangkan panas. Seperhi halnya mengaduk makanan hingga suhunya turun, potong kecil-kecil, dan gunakan oven khusus untuk memproses makanan agar cepat dingin.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)