5 Cara Mencuci Baju Biar Nggak Luntur, Super Easy!

Rabu, 20 Desember 2023 - 12:51 WIB
loading...
5 Cara Mencuci Baju Biar Nggak Luntur, Super Easy!
Bagi sebagian orang, mengenakan pakaian dengan warna yang luntur dapat meruntuhkan kepercayaan diri. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat memiliki baju kesayangan, tentu kamu nggak mau kalau pakaian ini cepat rusak, bukan? Makanya, ikuti cara mencuci baju yang benar berikut ini biar nggak luntur!

Siapa yang tidak suka dengan warna cerah pada pakaian? Apalagi untuk wanita, warna adalah hal yang penting untuk menunjang penampilan. Tentu tidak keren rasanya memakai pakaian yang luntur karena salah mencuci atau sudah mulai pudar warnanya.

Bahkan, bagi sebagian orang, mengenakan pakaian dengan warna yang luntur dapat meruntuhkan kepercayaan diri. Untuk itu, simak beberapa langkah di bawah ini supaya kamu nggak melunturkan warna pakaian pada saat mencucinya.


Cara Mencuci Baju yang Tepat agar Tidak Luntur

1. Baca Label Petunjuk

Sebelum mencuci baju dengan benar, kamu harus membaca label terlebih dahulu. Ini sangat penting. Pada setiap pakaian dan juga celana, pasti sudah tertera label kecil yang harus kamu baca dan perhatikan.

Biasanya, di label ini kamu akan mendapati simbol beserta petunjuknya. Ini harus selalu kamu periksa setiap kali akan mencuci. Pada label tersebut biasanya sudah tertera bagaimana cara mencucinya yang paling tepat.

2. Balik Pakaian

Membalik pakaian saat mencuci juga merupakan cara yang sudah dilakukan sejak lama agar bajumu tidak luntur. Terlebih jika pakaianmu berwarna gelap, selalu balik baju saat mencucinya. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Ini karena warna gelap menyerap panas lebih banyak dan ini berpeluang membuat warna pada baju cepat pudar.

3. Jangan Isi Mesin Cuci Terlalu Penuh

Hindari menumpuk pakaian dalam mesin cuci hingga penuh. Sebab, deterjen dan air bilas tidak terdistribusi dengan benar, sehingga pakaian tidak keluar sebersih saat dimasukkan ke dalam mesin cuci. Juga, ini dapat membuat pakaian luntur secara perlahan.

4. Mencuci dengan Air Dingin

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, jika kamu ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet.

5. Perhatikan Teknik Menjemur

Selain teknik mencuci, menjemur ternyata juga berpengaruh terhadap awet tidaknya warna pada pakaian. Sebaiknya, hindari penjemuran yang terlalu lama. Selain akan membuat baju menjadi bau matahari, ini juga akan mengikis kualitas dan warna pakaian.

Itulah beberapa cara mencuci yang bisa kamu lakukan supaya nggak cepat luntur. Dapatkan berbagai deterjen berkualitas di AladinMall mumpung lagi ada harga spesial live nanti malam jam 20.00 WIB saat jeda iklan program di aplikasi RCTI+. Nggak cuma itu, kamu juga bisa dapat gratis ongkir tanpa batas (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku)!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)