5 Manfaat Petai bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Rabu, 20 Desember 2023 - 16:16 WIB
loading...
5 Manfaat Petai bagi Tubuh yang Jarang Diketahui
Meskipun baunya menyengat, petai jadi salah satu makanan yang cukup digemari di Indonesia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Petai atau pete dikenal dengan nama ilmiah Parkia Speciosa yang dalam bahasa Inggris disebut stinky beans atau bitter beans.

Petai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Asia Tenggara. Biji petai umumnya berwarna hijau cerah dengan aroma khas yang kuat dan menyengat.

Meskipun baunya menyengat, petai jadi salah satu makanan yang cukup digemari di Indonesia. Bisa dimakan mentah, ditumis, atau diolah menjadi berbagai campuran hidangan yang enak untuk disantap.

Berikut ini adalah lima manfaat pete alias petai bagi tubuh.

1. Sumber Serat yang Baik

Ingin menambah asupan serat Anda? Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambahkan petai dalam makanan Anda.

Petai adalah sumber serat makanan yang baik. Satu cangkir petai mengandung sekitar 7 gram serat, yaitu sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Serat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap teratur dan membantu mencegah sembelit.


2. Bantu Melancarkan Pencernaan

Petai dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengecilkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Petai juga sumber prebiotik yang baik, yaitu zat yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Bakteri usus yang sehat penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi yang baik. Bakteri baik ini juga membantu menjaga sistem pencernaan bebas dari mikroba berbahaya. Petai juga dapat membantu meringankan sembelit dan diare.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Petai adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang membantu tubuh menyembuhkan luka dan melawan infeksi.

Petai juga merupakan sumber potasium, zat besi, dan triptofan yang baik, asam amino yang dapat membantu meningkatkan mood dan membantu Anda untuk tidur.

Kalium merupakan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Petai juga mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan tulang.

4. Bantu Meningkatkan Energi

Jika Anda mencari cara alami untuk meningkatkan tingkat energi, pertimbangkan biji-bijian berwarna hijau satu ini.

Petai merupakan sumber karbohidrat baik yang diperlukan tubuh untuk energi. Petai juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk zat besi, yang penting untuk memproduksi sel darah merah.

Terlebih lagi, petai mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan penyerapan oksigen dan melancarkan sirkulasi darah. Khasiat tersebut menjadikan petai sebagai makanan yang enak disantap sebelum beraktivitas fisik atau saat Anda sedang merasa lelah.

5. Sifat Antiinflamasi

Petai diketahui memiliki sifat antiinflamasi. Karena adanya senyawa fenolik pada petai yang diketahui mempunyai efek antioksidan dan antiinflamasi pada ginjal.

Antioksidan dalam petai membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan sifat antiinflamasi membantu mengurangi peradangan. Peradangan merupakan faktor utama dalam banyak penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan alzheimer.

Senyawa fenolik dalam petai juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah penurunan terkait usia. Hal ini menjadikan petai makanan yang baik untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit kronis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)