alexametrics

Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia

Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Di dunia terdapat sejumlah ngarai yang menakjubkan. GRAFIS/KORAN SINDO
A+ A-
NGARAI atau canyon merupakan jurang dalam di antara tebing atau rangkaian pegunungan dan umumnya terbentuk akibat aktivitas erosi secara terus menerus mengikis bebatuan di bawahnya dalam kurun waktu lama hingga menghanyutkan bebatuan yang mudah tergerus oleh air. Berikut 10 ngarai sangat indah dan menakjubkan di dunia.

1. Grand Canyon, Amerika Serikat (AS)
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Grand Canyon adalah sebuah ngarai tebing terjal di sekitar Sungai Colorado utara Arizona. Jurang ini pertama kali ditemukan pada 1540 oleh Carcia Lopez de Cardenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Ngarai ini diciptakan oleh Sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Grand Canyon memiliki panjang 446 Km, lebar 6-29 Km serta kedalaman mencapai lebih dari 1.600 meter.
   
2. Fish River Canyon, Namibia
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Ngarai ini adalah yang terbesar kedua setelah Grand Canyon dan merupakan obyek wisata terbesar di Namibia. Ngarai ini memiliki jurang raksasa dengan panjang sekitar 167 Km dan lebar 27 Km serta kedalaman mencapai 550 meter. Karena Fish River dibendung sehingga ngarai ini hanya memiliki sedikit kecil air yang mengalir.

3. Tiger Leaping Gorge, China
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Tiger Leaping Gorge terletak di Sungai Yangtze di barat daya China. Memiliki panjang sekitar 15 km, ngarai ini melewati serangkaian jeram yang dikelilingi oleh pegunungan di kedua sisinya yang setinggi 3.000 meter di atas sungai. Ngarai ini juga diyakini sebagai ngarai yang terdalam di dunia. Jarak ngarai tersempit hanya sekitar 30 meter lebarnya.

4. Gorge Du Verdon, Prancis
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Gorge du Verdon adalah ngarai sungai di tenggara Prancis yang dianggap oleh banyak orang sebagai ngarai paling indah di Eropa. Ngarai ini memiliki panjang sekitar 25 kilometer dan ketinggian 700 meter dari sungai Verdon di bawahnya. Sungai Verdon, dinamai demikian karena warna hijau zamrudnya yang mengagumkan. Daerah ini telah menjadi magnet wisata bagi para penjelajah, pendaki dan pecinta olahraga air yang meliputi arung jeram, kayak, berlayar, dan ski air.

5. Antelope Canyon, AS
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Dengan batuan berbentuk kurva dan berwarna oranye dan ungu menyala, Antelope Canyon adalah salah satu lembah yang paling sering difoto di dunia. Kedua sisi lembah ini begitu sempit sehngga di beberapa tempat anda dapat meregangkan tangan anda dan menyentuh kedua sisinya. Meskipun lembah ini sangat indah, lembah ini kadang-kadang juga bisa sangat berbahaya. Pada tahun 1997 banjir bandang menyapu Antelope Canyon dan menewaskan 11 wisatawan.

6. Waimea Canyon, Hawaii
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Waimea Canyon, terletak di sisi barat Kauai, adalah ngarai terbesar di Pasifik dan salah satu ngarai yang paling berwarna-warni di dunia. Ngarai ini memiliki panjang 16 km, lebar 1,6 km dan kedalaman 1.100 meter. Ngarai ini terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu oleh sungai yang mengalir dari Gunung Waialeale di tengah pulau.

7. Copper Canyon, Meksiko
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Copper Canyon adalah sekelompok lembah yang terdiri dari enam ngarai berbeda di Sierra Madre Occidental di bagian barat daya negara bagian Chinhuahua, Mexico. Sistem ngarai keseluruhan lebih besar dan lebih dalam dari Grand Canyon di Arizona. Copper Canyon terbentuk oleh enam sungai yang mengalir dari sisi barat Sierra Tarahumara (bagian dari Sierra Madre Occidental) dan kemudian bergabung ke Sungai Rio Fuerte yang bermuara ke Teluk California.

8. Colca Canyon, Peru
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Colca Canyon yang terletak di pegunungan Andes adalah seperti retakan sepanjang 100 Km. Dengan kedalaman sekitar 3.400 meter, Colca Canyon merupakan ngarai terdalam kedua di dunia.

9. King's Canyon, Australia
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
King's Canyon adalah sebuah ngarai yang terletak sekitar 300 Km di timur laut Ululu dan 450 Km di barat daya Alice Spring, Australia. King's Canyon merupakan bagian dari Watarka National Park di wilayah utara Australia. Formasi bentukan kuno batu cadas merah yang menjulang tinggi mengatasi hutan palem lebat ini merupakan area cagar alam penting dan tempat pelestarian bagi lebih dari 600 spesies tumbuhan dan satwa asli negeri Kangguru ini.

10. Todra Gorge, Maroko
Deretan Ngarai Paling Menawan di Dunia
Todra Gorge terletak di sisi timur terpencil di Pegunungan Atlas dan merupakan salah satu objek wisata populer di Maroko. 600 meter terakhir dari Todra Gorge adalah bagian ngarai yang paling spektakuler, berupa ngarai yang menyempit ke arah jalan berbatu hingga hanya 10 meter saja lebarnya di tempat-tempat dengan dinding tebing yang terjal dan halus.

Sumber: www.touropia
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top