Tanda Gagal Jantung Bisa Dilihat dari Bentuk Kaki, Begini Cirinya

Rabu, 01 Mei 2024 - 23:30 WIB
loading...
Tanda Gagal Jantung Bisa Dilihat dari Bentuk Kaki, Begini Cirinya
Tanda gagal jantung bisa dilihat dari bentuk kaki yang mempunyai ciri khusus. Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Foto/Apple Podiatry Group
A A A
JAKARTA - Tanda gagal jantung bisa dilihat dari bentuk kaki yang mempunyai ciri khusus. Gagal jantung adalah salah satu jenis penyakit kardiovaskuler yang terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh, biasanya karena jantung menjadi terlalu kaku atau lemah.

Dilansir dari Express, Rabu (1/5/2024) menurut British Heart Foundation, sekitar 40 persen pasien yang menderita penyakit ini mengalami gagal jantung tahap awal yang bisa diketahui sebelum mereka menjadi sakit parah.

Ketika berbicara masalah jantung, banyak yang memikirkan gejala mempengaruhi dada, seperti nyeri dada dan sesak napas. Meskipun ini adalah indikator ada sesuatu yang salah dengan organ tersebut, ada juga beberapa tanda yang kurang jelas yang dapat muncul di beberapa tempat yang tidak terduga.

Di mana tanda peringatan gagal jantung bisa muncul di kaki. Mayo Clinic menjelaskan bagaimana kaki bengkak bisa mengindikasikan gagal jantung. Dikenal secara medis sebagai edema, penyakit ini juga dapat menyerang pergelangan kaki dan tungkai.



“Gagal jantung kongestif menyebabkan salah satu atau kedua bilik jantung bagian bawah berhenti memompa darah dengan baik,” jelas keterangan di Mayo Clinic.

Akibatnya, darah bisa menumpuk di tungkai, pergelangan kaki, dan kaki sehingga menyebabkan edema. NHS menjelaskan edema di pergelangan kaki dan tungkai sebagai salah satu tanda gagal jantung yang paling umum.

“Ini mungkin lebih baik di pagi hari dan menjadi lebih buruk di kemudian hari,” ujar badan kesehatan tersebut.

Edema akibat gagal jantung juga bisa menyebabkan pembengkakan di perut. Mayo Clinic menambahkan gagal jantung kongestif juga bisa menyebabkan pembengkakan di area perut.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)
pixels