NGOBAR 2023 Jadi Sarana Aktualisasi Diri Gamers Gen Z, Mahasiswa IU dan UGM Ikutan

Jum'at, 22 Desember 2023 - 00:23 WIB
loading...
NGOBAR 2023 Jadi Sarana Aktualisasi Diri Gamers Gen Z, Mahasiswa IU dan UGM Ikutan
Pendukung militan Ganjar Mahfud, Komunitas Elang V bersama Ideolaugh dan GPS (Gerakan Peduli Stunting) menggelar acara Ngobar. Foto/ MPI.
A A A
DEPOK – Pendukung militan Ganjar Mahfud yang tergabung dalam 'Komunitas Elang V' bersama Ideolaugh serta GPS (Gerakan Peduli Stunting) menggelar acara “Ngobar” (Ngobrol dan Main Bareng) di Kedai Lekker Coffee and Bakery, Rabu (20/12/2023).

Acara dihadiri 300 peserta dari komunitas pemain game (gamers) Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada serta diramaikan pula oleh para pengunjung kafe. Ketua BEM UI 2022, Bayu Satrio Utomo pun turut memeriahkan acara ini.

Acara 'Ngobar' kali ini bertema “Gen Z and Future Jobs: peluang dan tantangan bisnis kreatif masa depan (e-sports)”.

Acara Ngobar menjadi bagian dari komitmen untuk terus menaruh perhatian lebih terhadap Generasi Milenial dan Gen Z yang disebut sebagai pilar dari generasi emas pada 2045.

Terlebih, generasi milenial dan gen Z mengisi separuh demografi penduduk Indonesia. Sehingga jika melihat dari populasi tersebut, kelompok ini menjadi perhatian khusus dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam kehidupan Gen Z adalah kemunculan profesi baru yang menyesuaikan tuntutan zaman di era digitalisasi. Salah satu profesi yang populer saat ini adalah gamers (pemain game). Profesi ini harus terus dikembangkan mengingat di masa lampau bermain game kerap kali dipandang sebelah mata.

Menjadikan gamers sebagai profesi yang menjanjikan turut memberikan edukasi bahwa bermain game bisa menjadi kegiatan positif dan bahkan dapat menjadi duta bangsa di kancah internasional.

Lebih jauh, pemain juga dapat mempengaruhi opini publik melalui konten-konten yang dihasilkan. Pasalnya, obrolan santai dari para gamers bukan hanya berkutat pada kesehariannya melainkan kerap kali menyinggung isu-isu penting yang berkaitan dengan HAM, lingkungan hidup serta keadilan sosial.

Bahkan di momen menyambut tahun politik ini, generasi milenial dan Z menjadi kelompok yang mendapat banyak perhatian karena menjadi pemilih pemula dalam jumlah yang besar. Secara khusus, jumlah Gen Z di Kota Depok sebesar 26 % dari jumlah pemilih di kota Depok untuk daftar pemilih tetap (DPT) 2024.

Koordinator Ngobar 2023 Kurnia Amonito pun mengungkap bahwa Elang V akan terus berkomitmen untuk menampung aspirasi dan keinginan dari para pemilih pemula. Terutama mengenai keseriusan untuk mengembangkan beragam profesi baru yang belum menjadi perhatian serius.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)