5 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Coba

Jum'at, 22 Desember 2023 - 09:30 WIB
loading...
5 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Coba
Gerakan yoga untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa dicoba penderita hipertensi. Darah tinggi kondisi saat tekanan darah yang selalu berada di atas normal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa gerakan yoga untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa dicoba oleh penderita hipertensi . Darah tinggi merupakan kondisi saat tekanan darah yang selalu berada di atas normal.

Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan beberapa komplikasi seperti serangan jantung atau gagal ginjal. Yoga dipercaya dapat menjadi alternatif lantaran bekerja menurunkan tekanan darah tinggi.

Meskipun penting untuk mengikuti resep dokter, mengikuti rutinitas yoga secara teratur dapat mendukung proses pengelolaan tekanan darah. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

Gerakan Yoga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Berikut gerakan yoga untuk menurunkan tekanan darah tinggi dilansir dari Times of India, Jumat (22/12/2023).



1. Yashtikasana


Yashtikasana juga dikenal sebagai stick pose, adalah postur sederhana namun efektif yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Gerakan ini meningkatkan sirkulasi darah, meregangkan tulang belakang, dan merilekskan tubuh, membantu mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

Untuk melakukan gerakan ini, berbaring telentang di atas matras, kaki terentang penuh. Jaga agar kedua kaki tetap rapat dan tangan terentang di atas kepala sejajar satu sama lain. Usahakan pikiran tetap rileks.

Tarik napas dan regangkan tubuh sepenuhnya, jari-jari kaki dan jari mengarah ke luar. Pertahankan posisi meregang selama beberapa detik lalu kembali ke posisi awal, buang napas dan rileks.

2. Hastpadungushtasana


Hastpadungushtasana berfokus pada peregangan paha belakang dan meningkatkan relaksasi. Untuk melakukan gerakan ini, berdirilah dengan kaki rapat dan tangan di pinggul. Tarik napas, angkat kaki kanan ke depan, dan pegang jempol kaki dengan tangan kanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)